Kepala Daerah dan Pimpinan Lembaga Pilot Project Penerapan Digital ID

Herlina - Jumat, 23 September 2022 09:40 WIB
Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital mulai diberlakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bengkulu. Untuk tahap pertama menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah serta Lembaga Legislatif di Provinsi Bengkulu. (foto : ilustrasi/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bengkulu mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital secara bertahap kepada pegawai Dukcapil dilanjutkan menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan sekretariat daerah dan Lembaga Legislatif di Provinsi Bengkulu.

Hal itu diungkapkan Kabid PIAK Dukcapil Provinsi Bengkulu, Taslim Asri kepada LyfeBengkulu, Jumat (23/09).

"Penerapan Digital ID saat ini yang sudah dilaksanakan di lingkungan Dinas Dukcapil Provinsi, Kabupaten dan Kota. Saat ini kami juga sudah sampaikan agar diterapkan juga kepada Kepala Daerah dan Anggota DPRD," katanya.

Berkenaan kapan akan dipasang, dirinya mengaku saat ini tengah mengintegrasikan data yang ada pada sistem SIAK ke Aplikasi Digital ID.

"Untuk provinsi sendiri sedang diatur jadwal pemasangan aplikasi untuk gubernur dan wagub dan pimpinan dewan," terangnya.

Setelah ini selesai, sasaran akan dilanjutkan kepada ASN di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD), mahasiswa, pelajar dan masyarakat.

Ia menambahkan, penggunaan KTP digital dalam rangka penerapan ilmu teknologi dan informasi, dengan identitas kependudukan digital akan mempermudah proses layanan masyarakat dan meminimalisir kebocoran data pribadi yang masih marak terjadi di kehidupan masyarakat.

Lanjutnya, dengan KTP digital ini bukan berarti fisik e-KTP yang dimiliki masyarakat tidak berlaku.

"e-KTP masih tetap digunakan untuk mengakses berbagai kebutuhan layanan kepada lembaga pengguna sampai ada ketentuan lebih lanjut dari Kementerian Dalam Negeri," tukasnya. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS