6 Start Up Ini Terpilih untuk Mengikuti XcaleUp dari Shinhan Future’s Lab

Herlina - Selasa, 19 April 2022 05:11 WIB
Ilustrasi perusahaan rintisan alias start up unicorn dan decacorn di Asia Tenggara, termasuk Indonesia / TrenAsia-Deva Satria (Trenasia.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com – Shinhan Future’s Lab Indonesia, perusahaan yang mengakselerasi start up untuk menjadi unicorn, menggelar program XcaleUp edisi kelima. Ada enam start up yang terpilih untuk mengikuti program akselerasi tersebut.

Bekerja sama dengan perusahaan payment gateaway Xendit, Shinhan Future’s Lab beberapa waktu lalu telah menggelar “Online Final Pitching Day” untuk 12 start up terbaik yang dikurasi dari ratusan pendaftar.

Ke-12 start up tersebut mempresentasikan perusahaan mereka kepada para juri yang berasal dari beberapa perusahaan modal ventura seperti 1982 Ventures, East Ventures, Golden Gate Ventures, Skystar Capital, Sequoia Capital, Soverign’s Capital, MDI Ventures, Genesia Ventures, serta dari Shinhan Bank Indonesia, Shinhan Indo Finance, Shinhan Sekuritas Indonesia, dan Shinhan Future’s Lab Korea.

Setelah mengikuti seleksi, enam start up pun dipilih untuk mengikuti rangkaian kegiatan selama sekitar tiga bulan. Berikut ini enam start up terpilih dalam program XcaleUp beserta profil singkatnya:

1. Allure AI

Allure AI adalah platform artificial intelligence yang didirikan oleh tiga alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Platform Allure AI merupakan sistem personalisasi yang merekomendasikan produk industri kecantikan dan fesyen sesuai dengan profil yang dikirimkan pengguna.

2. Legalku

Legalku adalah platform penyedia layanan hukum online yang membantu pengusaha untuk memulai bisnis di level mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. Ada lima bidang utama dalam layanan hukum yang diberikan Legalku kepada customer, yaitu (1) izin usaha, (2) company establishment, (3) sistem basis data dokumen hukum, (4) pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI), serta (5) legal officer seperti pengacara, notaris, dan konsultan hukum.

3. Modoc

Mobility Doctor (Modoc) merupakan platform yang menyediakan layanan untuk kebutuhan mobilitas kendaraan. Lewat platform ini, customer bisa memperoleh layanan berupa konsultasi dengan ahli, berbagi informasi dengan pengguna kendaraan lain, dan sebagainya.

4. Prospero Solutions

Prospero Solutions bergerak di bidang konsultasi risk management untuk membantu berbagai sektor dalam memahami, memitigasi, memantau, dan melaporkan risiko perusahaan secara terukur.

Hal-hal yang dapat dikonsultasikan dengan Prospero Solutions di antaranya manajemen risiko perusahaan, risiko kredit, risiko operasional, risiko treasury, pasar, dan likuiditas, stress testing, business continuity management (BCM), dan masih banyak lagi.

5. Periksa.id

Periksa.id adalah perusahaan teknologi kesehatan yang menyediakan sistem informasi manajemen berbasis cloud untuk fasilitas kesehatan, lengkap dengan berbagai fitur yang membantu pengelolaan informasi dan sumber daya menjadi mudah, andal, akurat, dan efisien sebagai solusi bagi fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

6. Tweak Indonesia

Tanpa perlu mengikuti keanggotaan, pengguna platform Tweak Indonesia dapat memesan tempat untuk fitness dan bisa memilih untuk menggunakan pelatih atau tidak. Tweak Indonesia adalah platform co-fitness space pertama yang diluncurkan dalam negeri.

Dalam rangkaian kegiatan XcaleUp, para start up terpilih akan mendapatkan materi dari sejumlah pakar di berbagai bidang dan bisa membangun jaringan dengan modal ventura lokal dan internasional.

Program and Project Manager Shinhan Future’s Lab Indonesia Muhammad Ihsan Hilmiawan mengatakan, selain bisa menumbuhkan skala bisnis dan memperoleh pendanaan dari investor, keenam start up terpilih pun diharapkan bisa menjalin kolaborasi stratgis dengan Shinhan Group atau Xendit. (**)

Editor: Herlina
Tags unicornstars upBagikan

RELATED NEWS