Bengkulu Kembali Diguncang Gempa 4,5 SR

Herlina - Minggu, 22 Januari 2023 08:38 WIB
null

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Gempa berkekuatan 4,5 SR kembali mengguncang Kota Bengkulu, pada pukul 07:44:40 waktu setempat. Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa. Sumber gempa berasal dari dalam sekitar 77 km Barat Daya Bengkulu Tengah, dengan kedalaman 54 di bawah permukaan tanah. Badan Meteorologi dan Geofisika akan terus memantau situasi dan memberikan peringatan jika diperlukan.

Untuk diketahui, Provinsi Bengkulu di Sumatra, Indonesia memang dikenal sebagai daerah rawan gempa. Hal ini karena Provinsi Bengkulu terletak di sepanjang sesar Sumatra, yang merupakan salah satu sesar aktif yang menyebabkan gempa di wilayah Indonesia.

Sesar Sumatra adalah sesar yang menyebabkan pemecahan kerak bumi dari India menuju benua Asia. Sesar ini diperkirakan menyebabkan gempa besar di Sumatra sekitar setiap 200-300 tahun sekali. Bengkulu merupakan salah satu wilayah yang paling sering diguncang gempa di Sumatra, sehingga perlu perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan dan mitigasi bencana gempa.

Gempa terjadi karena gerakan tektonik lempeng-lempeng kerak bumi. Lempeng-lempeng kerak bumi terdiri dari litosfer (kerak luar) dan astenosfer (kerak dalam). Lempeng-lempeng ini bergerak terhadap satu sama lain di sepanjang garis-garis patahan atau sesar. Saat lempeng-lempeng ini bertabrakan, saling menekan, atau bergeser, akan terjadi tegangan di dalam kerak bumi. Saat tegangan ini mencapai batas yang tidak dapat ditahan lagi, terjadi pemecahan atau pergeseran lempeng yang menyebabkan gempa. (**)

Editor: Herlina
Tags Bengkulu Gempa Bagikan

RELATED NEWS