Biar Nggak Sein Kiri Belok Kanan, Para Ibu Diedukasi Keselamatan Berkendara

Herri - Rabu, 22 Desember 2021 06:57 WIB
Guna memberikan pemahaman mengenai keselamatan berkendara, Astra Motor Bengkulu memberikan edukasi safety riding bagi ibu wali murid SMKN 1 Kota Bengkulu. (Foto: Istimewa/lyfebengkulu.com)

BENGKULU, lyfebengkulu.com – Sein ke kiri malah belok ke kanan, pasti ibu-ibu nih yang begitu. Sering dengar kan kalimat tersebut? Pernah lihat meme yang mengulas hal itu? Ibu-ibu memang kerap jadi sasaran gunjingan di media sosial bila menyangkut keselamatan berkendara. Terutama meme mengenai sein kiri belok kanan. Meski demikian, netizen justru kerap kalah argumen bila harus menghadapi para ibu ini. Maklumlah the power of emak-emak memang sulit terbantahkan.

Guna memberikan pemahaman mengenai keselamatan berkendara, khususnya bagi para ibu-ibu, Astra Motor Bengkulu terus memberikan edukasi. Kali ini Astra Motor Bengkulu, bekerja sama dengan SMKN 1 Kota Bengkulu. Edukasi kali ini ditujukan kepada ibu wali murid yang bertujuan agar peserta dapat memahami akan pentingnya keselamatan berkendara.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember,” ungkap Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi, Selasa (21/12).

Dikatakan, edukasi safety riding ini dilakukan secara offline dengan memenuhi aturan protokol kesehatan dengan tema Jauh Dekat Tetap #cari aman. Sebelum mulai edukasi peserta diberikan game pengetahuan melalui quizizz. “Dalam game ini kami ingin mengetahui seberapa paham peserta akan keselamatan berkendara,” ujar Noval.

Selain itu, Noval Yunaidi juga memaparkan tentang peran ibu/wanita dalam keluarga, lingkungan maupun masyarakat yang sangat penting. Para ibu/wanita mempunyai mobilitas yang tinggi menggunakan kendaraan. “Oleh karena itu sangat perlu diberikan pemahaman pentingnya keselamatan berkendara saat naik motor,” katanya.

Sebelum berkendara terlebih dahulu dipersiapkan perlengkapan berkendara. Para ibu juga diberikan pemahaman mengenai etika saat di jalan, serta patuhi marka jalan. Tak hanya itu, peserta juga diingatkan untuk memahami bahwa hak-hak pengguna jalan dan pengendara lain juga harus dihormati.

“Semoga ibu-ibu SMKN 1 menjadi role model dalam berkendara sehingga dapat memberikan contoh mengendarai kendaraan yang aman di jalan raya,” tutup Noval. (pzs)

Editor: Herri

RELATED NEWS