Brand Lokal, Indonesia Punya dan Mendunia

Herlina - Senin, 25 Juli 2022 10:48 WIB
ilustrasi

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Ada banyak brand lokal milik Indonesia yang sudah mendunia. Tidak sedikit orang yang menyangka brand tersebut produksi luar negeri.

Padahal Indonesia punya, loh! Brand tersebut mulai dari makanan hingga pakaian. Berikut brand lokal Indonesia yang berhasil dirangkum Lyfe Bengkulu.

1. J.CO

Berdiri di bawah Johnny Andrean Group. Gerai pertama J.CO dibuka pada Mei 2006 lalu. Tahun 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia. 2008 di Singapura, 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong dan 2018 di Arab Saudi.

2. CFC

Berdiri di bawah PT Pioneerindo Gourmet International Tbk (d/h PT Putra Sejahtera Pioneerindo). Dulu memang perusahaan ini memegang waralaba California Pioneer Chicken dari Pioneer Take out - Amerika Serikat.

Pada 1989 perusahaan melepaskan diri dari waralaba dan memproduksi hingga memasarkan produk sendiri yaitu California Fried Chicken.

3. Men's Republic

Didirikan pada 2014 oleh Yasa Singgih. Tujuan Yasa adalah menjual produk dengan harga yang cocok untuk pria-pria muda dengan kualitas yang baik.

4. Krisbow

Krisbow merupakan member Kawan Lama Group. Krisbow merupakan singkatan nama Krisnandi Wibowo, putra pendiri Kawan Lama, Wong Jin.

5. Terry Palmer

Siapa sangka, produk handuk yang banyak dipasarkan di luar negeri ini ternyata termasuk merek asli Nusantara. Berbagai produk handuk bermerek Terry Palmer diproduksi oleh PT. Indah Jaya di Tangerang, Banten.

Berdiri pada 1962, produsennya adalah PT Indah Jaya. Palmer merupakan singkatan dari Pal Merah yang merupakan lokasi pabrik produk ini pertama kali berdiri. Indah Jaya mulai mengekspor produk ke Eropa pada 1988.

1992, Perusahaan membuka pabrik di Tangerang. Pada tahun yang sama Indah Jaya juga melakukan ekspor ke Jepang. Berkat kualitasnya yang tinggi dan diklaim sebagai handuk higienis, Terry Palmer banyak dipasarkan ke luar negeri. Sebut saja Jepang, Amerika Serikat, hingga Eropa.

6. Silverqueen

Pabriknya berada di Garut, Jawa Barat. Saat ini berkembang ke Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan Filipina, dan Malaysia. SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.

7. Buccheri

Sejak 1980, Buccheri merupakan singkatan dari Budi, Ediansyah dan Hery yang merupakan saudara kandung.

8. Lea Jeans

Merek ini dibangun pada 1972, Lea jeans mulai berkibar sejak tahun 1976. Berdiri di bawah naungan PT Lea Sanent. Lea Jeans menjadi brand produk denim.

9. The Executive

The Executive termasuk salah satu brand Indonesia yang mendunia. Merek asal Bandung, Jawa Barat ini dibangun oleh Johanes Farial di bawah naungan PT. Delami Garment Industries.

The Executive memiliki berbagai produk fashion yang mayoritas biasa digunakan untuk acara formal, tetaoi banyak juga pakaian casual.

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus, membuat The Executive berhasil masuk ke pasar global. Khususnya, negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia.

10. HokBen

Didirikan 18 April 1985. Di bawah lisensi PT Bogainti. Dulunya bernama Hoka Hoka Bento. HokBen tahun 2020 memperkenalkan konsep baru yaitu hanya melayani pesanan dibawa pulang. (**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS