Cara Menghapus Malware dari Ponsel Anda dalam 3 Langkah Sederhana

Redaksi Daerah - Rabu, 03 April 2024 13:06 WIB
Cara Menghapus Malware dari Ponsel Anda (Pexels)

JAKARTA - Malware adalah salah satu hal menakutkan bagi para pengguna smartphone. Hal ini karena smartphone atau ponsel memang memiliki kerentanan yang sama seperti laptop terhadap malware.

Malware dapat menyebabkan gangguan fungsi kinerja pada smartphone, menimbulkan kerugian seperti penipuan, bahkan kerugian finansial akibat biaya yang tiba-tiba masuk ke tagihan Anda.

Oleh karena itu, selain mampu mengenali ponsel yang berpotensi terkena malware, Anda juga harus mengetahui cara menghilangkan malware dari ponsel Anda. Berikut penjelasan cara melakukannya.

Cara Menghilangkan Malware dari Ponsel

Cara Menghilangkan Malware dari Ponsel

1. Masuk ke Safe Mode di Android

Jika Anda menggunakan ponsel Android, coba aktifkan Safe Mode. Proses mengaktifkannya mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis atau merek ponsel Anda, namun sebagian besar perangkat baru mengharuskan Anda menahan tombol Power, lalu tekan lama pada Power Off hingga Anda mendapatkan opsi untuk masuk ke mode aman atau Safe Mode.

Mirip dengan fitur Safe Mode di Windows, fitur ini akan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga di ponsel Anda sehingga Anda dapat dengan aman memeriksa apapun yang mungkin berjalan secara tidak biasa, menghapus aplikasi apapun yang menurut Anda mungkin terinfeksi, lalu kembali ke mode normal untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Untuk melakukan hal ini di iPhone, ponsel Anda harus di-jailbreak, jadi ini bukan solusi yang bisa diterapkan bagi sebagian besar pengguna. Namun, Apple memiliki fitur bernama Lockdown Mode, yang membatasi fungsionalitas perangkat jika Anda merasa telah menjadi sasaran malware atau peretas.

2. Pindai Virus

Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun sendiri, inilah saatnya menggunakan antivirus yang bagus, terutama jika Anda menggunakan perangkat Android. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengunduh aplikasi gratis apa pun yang mencantumkan "antivirus" di deskripsinya.

Banyak aplikasi dengan klaim antivirus tersebut justru tidak berfungsi atau bahkan diam-diam merupakan malware. Oleh karena itu gunakan aplikasi antivirus dengan nama tepercaya di bidang keamanan, seperti Bitdefender, Kaspersky, Norton, dan McAfee, yang semuanya memiliki aplikasi antivirusnya sendiri.

3. Setel Ulang Perangkat Anda

Jika tidak ada solusi lain yang dapat ditemukan untuk membebaskan perangkat Anda dari malware, satu-satunya pilihan Anda adalah dengan melakukan reset pabrik atau factory reset dan memulai dari awal.

Jika Anda melakukan cara ini, maka langkah tersebut akan menghapus ponsel Anda hingga bersih dan semoga menghapus malware apa pun dalam prosesnya.

Namun, sebelum Anda menyetel ulang dengan factory reset, sebaiknya Anda mencadangkan isi ponsel Anda terlebih dahulu.

Di iPhone, Anda tinggal buka Settings > General > Reset dan hapus perangkat. Pemilik Android mungkin perlu menemukan petunjuk khusus sesuai dengan jenis ponselnya. Sedangkan untuk perangkat Samsung, buka General Management > Reset>Factory Data Reset untuk menyelesaikan pekerjaan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan malware dari ponsel Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 03 Apr 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS