ChatGPT OpenAI, Bagaimana Cara Menggunakannya

Herlina - Minggu, 25 Desember 2022 15:11 WIB
Ilustrasi

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Baru-baru ini para warganet membuat berbagai konten yang dibuat menggunakan Chat GPT OpenAI. Open AI sendiri sebuah perusahaan nirlaba riset kecerdasan buatan yang didirikan pada 2015 oleh Altman, Musk, dan investor Silicon Valley lainnya.

Setelah diluncurkan minggu lalu, platform ChatGPT yang digerakkan oleh kecerdasan buatan ini telah mengumpulkan lebih dari satu juta pengguna dalam hitungan hari. Meski begitu, ChatGPT juga menimbulkan berbagai perdebatan dan kontroversi yang memicu diskusi online mengenai manfaat dan potensi bahayanya.

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT merupakan chatbot model terbaru dari GPT (Generative Pre-Trained Transformer) yang termasuk dalam platform kecerdasan buatan penghasil teks OpenAI. ChatGPT memiliki sistem kerja seperti DALL-E yang menggunakan machine learning dan algoritma untuk membuat pengguna merasa seperti sedang berkirim pesan dengan orang sungguhan.

Dengan memanfaatkan ChatGPT, Anda dapat mengajukan pertanyaan yang tidak terhitung jumlahnya dan seringkali akan mendapatkan jawaban yang berguna. Bahkan Anda bisa mengajukan pertanyaan ensiklopedia seperti penjelasan tentang hukum Newton atau meminta ChatGPT membuat puisi.

Chatbot saat ini sedang dalam status “pratinjau penelitian", yang berarti bahwa publik diperbolehkan menggunakan platform ini secara gratis sementara perusahaan mengumpulkan informasi tentang pengalaman pengguna. CEO perusahaan, Sam Altman, juga telah menyatakan bahwa ada rencana untuk memonetisasi layanan tersebut di masa mendatang, meskipun dia belum menjelaskan bagaimana atau kapan hal itu mungkin terjadi.

Cara Kerja dan Cara Menggunakan ChatGPT

Chatbot sebenarnya sangat mudah digunakan. Hal yang harus Anda lakukan adalah membuat akun dengan OpenAI melalui email dan nomor ponsel yang berfungsi. Setelah Anda membuka akun, Anda akan dapat mengakses aplikasi OpenAI, termasuk DALL-E dan ChatGPT.

Antarmuka pengguna adalah aplikasi perpesanan instan sederhana. Sama seperti mengirim IM dengan teman, Anda cukup mengetikkan pertanyaan atau perintah ke kotak teks dan ChatGPT akan merespons pertanyaan Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai ChatGPT dari OpenAI sekaligus cara menggunakannya. Selamat mencoba. (ta)

Tags ChatGPTBagikan

RELATED NEWS