Didik Petani, BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim Tematik di Kabupaten Seluma

Herlina - Sabtu, 27 Agustus 2022 04:05 WIB
Bupati Seluma Erwin Octavian didampingi Kepala BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Klause JA Damanik bersama peserta Sekolah Lapang Iklim Tematik BMKG.

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Jumat (26/08).

Kegiatan Sekolah Lapangan Iklim Tematik dibuka Bupati Seluma Erwin Octavian didampingi Kepala BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Klause JA Damanik. Kegiatan ini diikuti 50 orang peserta terdiri dari 45 laki-laki dan 5 perempuan yang berasal dari Kelompok Tani Karya Mukti.

Kepala BMKG Klause mengatakan SLI Tematik merupakan kegiatan yang digagas untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemanfaatan iklim bagi petani dan penyuluh.

"Hal ini merupakan upaya untuk mentransfer pengetahuan tentang ilmu iklim dasar kepada para pemangku kepentingan, istilah teknis dalam informasi iklim BMKG diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari yang praktis dan mudah dipahami," kata Klause.

Menurutnya curah hujan merupakan parameter iklim terpenting di Indonesia karena variabilitasnya yang tinggi terhadap ruang dan waktu. Peristiwa iklim ekstrim dikaitkan dengan kekeringan dan banjir, sering mengakibatkan gagal panen. Beberapa upaya antisipasi dalam mengurangi dampak iklim ekstrim telah dilakukan tetapi biasanya difokuskan pada mitigasi kerusakan, bukan tindakan pencegahan.

Selain itu SLI Tematik membantu petani untuk memahami informasi iklim (prakiraan) untuk mendukung kegiatan pertanian mereka, terutama dalam menentukan awal tanam dan dalam memilih varietas tanaman yang tepat, berdasarkan variabilitas iklim dan kondisi iklim saat ini.

Selain itu, Sekolah Lapang Iklim adalah program belajar sambil bekerja sehingga para petani mampu meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyesuaian dan adaptasi yang tepat untuk menghadapi resiko cuaca dan iklim ekstrem.

Program ini tidak akan mencapai tujuannya tanpa adanya kemitraan yang baik antara BMKG sebagai Pusat Layanan Meteorologi Nasional, dan lembaga terkait seperti Kementerian Pertanian, Akademisi, Pemerintah Daerah, dan Lembaga Internasional, memastikan bahwa semua yang diperlukan untuk keberhasilan kegiatan ini.

"Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan dalam mengantisipasi potensi kerugian dan mengoptimalkan potensi keuntungan, baik bagi pengguna sektoral maupun sektor publik" jelasnya

Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan pertanian di Sukaraja Seluma dengan bantuan teknologi informasi prakiraan iklim BMKG sebagai alternatif dasar pengambilan keputusan rencana aksi adaptasi pertanian. Selain itu, BPTP juga mendukung penanaman padi multivarietas yang terdiri dari Inpari 32 dan Inpari 33.

Kaluse berharap program ini dapat menghasilkan catatan terkait benih padi unggul sesuai dengan musim tanam dan kondisi iklim pada masa tanam. Sementara itu, secara praktis, petani di Sukaraja diharapkan dapat memanfaatkan informasi iklim dari BMKG sebagai alternatif perhitungan musim tanam berbasis kearifan lokal untuk hasil pertanian yang lebih optimal.

"Dengan demikian, pengembangan kegiatan Sekolah Lapang Iklim Tematik di Sukaraja ke depan diharapkan dapat mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Seluma pada khususnya dan Provinsi Bengkulu pada umumnya, tutupnya.

Sementara itu Bupati Seluma menyambut baik program ini dan berharap melalui sekolah Lapang Iklim ini para petani dapat mengambil manfaatnya.

"Melalui Sekolah Lapang Iklim ini petani dapat mengetahui perubahan iklim, sehingga meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bertani dalam memanfaatkan informasi iklim, guna melakukan antisipasi dampak fenomena iklim yang ekstrim, dengan demikian diharapkan melalui program ini dapat meningkatan hasil dari pertanian di Kabupaten Seluma," sampai Erwin.

Di kesempatan itu dilaksanakan pula panen raya bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial, Dandim 0425 Seluma Letkol Infanteri Syafrinaldi, Camat Sukaraja, Kepala Desa Sari Mulyo. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS