Dukung  Yuvaldo, Wakil Bengkulu di Ajang Duta Kopi Indonesia 2021

Herri - Selasa, 02 November 2021 06:50 WIB
Yuvaldo Dimas Pranata mewakili Provinsi Bengkulu di ajang Pemilihan Duta Kopi Indonesia 2021. (IG Yuvaldo Dimas Pranata)

BENGKULU, lyfebengkulu.com – Ajang tingkat nasional Pemilihan Duta Kopi Indonesia 2021 yang diadakan oleh Dewan Kopi Indonesia dan Yayasan Duta Indonesia Maju siap digelar. Wakil Provinsi Bengkulu Yuvaldo Dimas Pranata siap bersaing dalam kompetisi yang kini sudah memasuki babak 12 besar. Dijadwalkan grand final akan dilaksanakan pekan depan.

Pemilihan Duta Kopi Indonesia 2021 bertujuan mencari generasi muda yang ada di seluruh Indonesia yang akan menjadi seorang duta untuk berperan aktif dalam pelaksanaan program perkopian yang ada di Indonesia. Selain itu mereka juga mengemban tugas untuk mengedukasi dan promosi kopi Indonesia baik tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini Yuvaldo berhasil masuk 12 besar Finalis Duta Kopi Indonesia 2021 mewakili Provinsi Bengkulu. Tahapan selanjutnya yakni Grand Final yang akan digelar secara virtual pada November 2021 ini. Yuvaldo mengungkap alasannya untuk mengikuti ajang ini, yakni sebagai kontribusinya memajukan Indonesia dengan memperkenalkan kopi Bengkulu.

“Menurut saya sebagai generasi muda sudah seharusnya mencari pengalaman, teman dan ilmu dengan cara berprestasi. Selain itu kita juga harus mengambil porsi untuk berkontribusi dalam memajukan Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengikuti ajang Duta Kopi Indonesia ini,” ungkap Yuvaldo, Senin (1/11/2021).

Yuvaldo memiliki misi untuk memperkenalkan kopi Bengkulu yang memiliki keunggulan serta cita rasa, aroma yang khas dan unik, seperti kopi Rejang Lebong dan Kepahiang. “Selain itu saya juga ingin berperan dalam membantu para petani, khususnya petani kopi untuk meningkatkan kualitas pertanian mereka dengan cara mengedukasi bersama pihak terkait seperti pemerintah, stakeholder dan Duta Kopi yang ada di seluruh Indonesia,” ujar mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu ini.

Pria yang aktif berorganisasi dan berprestasi baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional ini berharap dapat memberikan yang terbaik dan mendapatkan hasil yang terbaik dalam ajang Duta Kopi Indonesia 2021. Tak lupa Yuvaldo meminta doa dan dukungan dari seluruh pihak baik pemerintah, stakeholder, media dan seluruh masyarakat Bengkulu. “Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Bengkulu,” katanya.

Pemilihan Duta Kopi Indonesia memiliki kriteria yang berbeda dari ajang lainnya. Duta Kopi Indonesia memiliki kriteria 5C (Confident, Creative, Charming, Communicative, Committed). Pelaksanaan Pemilihan Duta Kopi Indonesia 2021 digelar secara virtual mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Beberapa tahapan telah dilewati para peserta. Mulai dari pengumpulan berkas pribadi, video tentang strategi promosi kopi, pembekalan dari para pakar dan interview yang dilakukan bersama dewan juri. Kemudian akan ditutup dengan grand final. (lyf)

Editor: Herri

RELATED NEWS