Final, Porwil Riau Bengkulu Kirim 8 Cabor

Herlina - Jumat, 11 Agustus 2023 08:02 WIB
Menghadapi Porwil XI/2023 di Pekanbaru Riau, KONI dan Dispora melaksanakan Rapat Kordinasi bersama 8 Pengprov cabor di Kantor KONI Provinsi Bengkulu, Jalan Bali, Kamis (10/08/2023) (foto : istimewa)

Dedy: Barongsai dan Sepak Takraw Dipastikan Tidak Ikut Serta

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Hasil Rapat Kordinasi (Rakor) KONI Provinsi Bengkulu dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta Pengprov cabang olahraga (cabor), hanya 8 cabor yang dipastikan ikut dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI. Dari 11 cabor yang dipertandingkan.

Sementara cabor Barongsai serta Sepak Takraw tidak ikut serta. Ini disampaikan Ketua Umum KONI Bengkulu H. Dedy Ermansyah, SE, dalam Rakor yang berlangsung di Kantor KONI, Kamis (19/08/2023). "Final, Bengkulu hanya nengirim 8 cabor," katanya.

Alasan kedua cabor tersebut tidak ikut gabung Porwil, lanjut mantan Wagub Bengkulu itu, karena untuk cabor Barongsai belum gabung di KONI. Sementara itu cabor Sepak Takraw menggelar Kejurnas Pra PON sendiri.

Terkait akan tahapan pendaftaran peserta Porwil XI/2023 Riau, papar Dedy, sudah dimulai. "Kalau tidak kendala teknis, untuk pendaftaran by number akan ditutup tanggal 18 Agustus 2023," jelasnya.

Dalam Rakor yang juga melibatkan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu itu, Wakil Ketua I Bidang Prestasi KONI, Cosmas Manik, menambahkan Rakor KONI bersama Pengprov dan Dispora ini untuk persiapan Porwil.

Pada Rakor tersebut, agenda yang dibahas salah satunya soal nomor atau kelas yang dipertandingkan. Jadi tujuan rakor ini, untuk minta rekan-rekan Pengprov sampaikan nomor/kelas pertandingan yang akan diikuti sesuai dengan surat PB Porwil.

"Jadi nanti akan kami daftarkan by number paling lambat tanggal 18 Agustus. Setelahnya baru masuk ke tahapan by name. Semoga hasil rapat hari ini (kemarin- red) segera ditindak lanjuti oleh teman-teman Pengprov," jelas eks atlet Pelatnas Angkat Besi itu.

Ditempat terpisah, Kepala Dispora Provnsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan, SE, MM. Kep, dihubungi media ini, menyatakan Bengkulu dipastikan ikut pada Porwil XI/2023 Sumatera yang di pentas di Pekanbaru, Riau Nopember depan. "Bisa dipastikan Bengkulu ikut," katanya.

Terkait anggaran Porwil, lanjut Ika Joni, sampai kini belum diketahui besarannya. Karena, anggaran itu diajukan dalam APBD Perubahan. Tapi sebelumnya, pihaknya sama-sama KONI sudah membahasnya.

"Mengenai persiapan atlet Porwil seperti training centre (TC- red.) berjalan dan terpusat, tergantung alokasi anggaran. Tapi kalau soal perlengkapan defile atlet, ini pasti terpenuhi. Ya, kita lihat saja nanti anggarannya di APBD Perubahan," demikian Ika Joni.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS