Hari Teh Sedunia, Penjualan Teh di Tokopedia Naik Dua Kali Lipat

Herlina - Selasa, 23 Mei 2023 06:24 WIB
Selain lewat kampanye Tokopedia NYAM!, Tokopedia juga membantu tumbuh kembang pelaku usaha makanan dan minuman, termasuk teh, lewat inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada dengan teknologi geo-tagging. Kampanye ini juga ditujukan untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja online makanan dan minuman lewat Tokopedia. (foto : istimewa)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- Sejak 2020, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 21 Mei sebagai Hari Teh Sedunia. Mengutip situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Indonesia sebagai salah satu negara produsen teh memiliki share sebesar 2% terhadap total produksi teh dunia.

Selain potensi pasar, Indonesia juga memiliki luas lahan perkebunan teh terbesar ke-lima di dunia pada tahun 2020. Produksi teh Indonesia berada di peringkat ke-delapan dunia pada tahun 2020.

“Melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi. Mengingat platform Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

“Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kampanye khusus dan berkelanjutan bagi para pegiat usaha makanan dan minuman–termasuk teh–yaitu Tokopedia NYAM!. Kampanye ini juga ditujukan untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja online makanan dan minuman lewat Tokopedia,” tambah Sherine.

“Buktinya, minuman menjadi salah satu subkategori produk yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia selama kuartal I 2023. Teh dan susu menjadi menjadi beberapa produk minuman paling laris di Tokopedia pada kuartal I 2023,” kata Sherine. Menyambut Hari Teh Sedunia 21 Mei 2023, Tokopedia membagikan tren penjualan teh secara online.

Tiga Jenis Teh Terlaris di Tokopedia

Teh, yang telah menjadi bagian dari kehidupan banyak masyarakat Indonesia, memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, teh mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Selain itu, teh juga merupakan minuman yang hampir tidak memiliki kalori dan memiliki kandungan yang dapat menghambat penyerapan lemak. Teh, di sisi lain, bisa membantu membakar lemak lebih banyak saat berolahraga serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

“Teh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ternyata digemari banyak masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menyebutkan bahwa penjualan teh naik hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Teh hijau (green tea), teh hitam (black tea) dan thai tea menjadi beberapa jenis teh paling laris di Tokopedia pada periode tersebut,” ujar Sherine.(rls)

Editor: Herlina

RELATED NEWS