Kemenag Siapkan Bantuan dan Layanan Trauma Healing Untuk Gempa Cianjur

Herlina - Rabu, 23 November 2022 05:07 WIB
Plt Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Adib (berpeci hitam) sedang meninjau KUA terdampak gempa Cianjur. (foto : ist/lyfebengkulu)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Gempa Cianjur menimbulkan keprihatinan bersama. Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama akan menyiapkan khusus untuk gempa Cianjur. Berupa layanan trauma healing bagi penyintas gempa Cianjur. Hal ini disampaikan Plt. Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib saat meninjau lokasi gempa, di Cianjur, Jawa Barat.

"Besok akan kita kumpulkan (penghulu dan penyuluh), kita berikan pembekalan, dan dibagikan ke posko-posko. Kita sedang melakukan mitigasi sekaligus menyiapkan posko," katanya.

Tim layanan trauma healing, lanjut Gus Adib, akan diberi pembekalan terlebih dahulu di Kankemenag Kabupaten Cianjur. Menurutnya, penyintas juga membutuhkan motivasi agar tetap semangat melanjutkan hidup.

"Penyintas mengalami trauma. Penghulu dan Penyuluh Agama Islam kita siapkan untuk memberikan motivasi sekaligus pendampingan agar penyintas tidak terlalu terpuruk dan terus bersemangat menghadapi ujian serta melanjutkan hidup," imbuhnya.

Selain trauma healing, Kemenag juga akan memberikan layanan pemulasaraan jenazah. (**)

Editor: Herlina
Tags trauma healingBagikan

RELATED NEWS