Menghadapi Pra-PON dan Porwil, KONI Bengkulu Gelar Rakornis

Herlina - Senin, 10 April 2023 20:27 WIB
Sekretaris Umum KONI Dendi Purna Irawan bersama Wakil Ketua Bidang Prestasi Kosmas Manik paparkan materi Rakornis dihadapan peserta rapat.(foto/nd)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com - Jelang dua perhelatan olahraga akbar Pra-PON dan Porwil tahun 2023, KONI Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) sehari.

Rapat yang diikuti seluruh KONIDA kabupaten/kota dan para pengurus cabang olahraga (cabor) itu, digelar di RM Pondok Santai Kebun Tebeng Kota Bengkulu, Senin (10/04/2023).

Diketahui, Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera XI yang bakal dibentang di Pekanbaru, Riau, pada Oktober itu akan dipertandingkan 10 cabang olahraga. Tahun ini juga dilaksanakan babak Pra-Kualifikasi PON khusus cabor yang tidak ikut ditandingkan di PORWIL.

Ketua KONI Provinsi Bengkulu, H. Dedy Ermansyah, SE, didampingi Ketua Harian Dadang Mishal, SH, MH, mengatakan, dalam forum bersama KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabor itu, KONI Bengkulu memaparkan apa yang menjadi hasil rapat kerja nasional yang digelar KONI Pusat beberapa waktu lalu di Jakarta.

Diharapkan KONI di daerah dapat menyesuaikan agenda olahraga masing-masing. Supaya sinkron dengan agenda nasional. "Kita komitmen untuk mengirim atlet yang memang memenuhi kualifikasi ke event-event nasional.

Peserta rapat koordinasi teknis (Rakornis) sehari yang digelar KONI Bengkulu jelang persiapan Pra-PON dan Porwil tahun 2023. (foto : nd)

"Atlet yang memenuhi kualifikasi itu antara lain dilakukan melalui seleksi atlet yang dilaksanakan oleh KONI dan bekerjasama dengan sejumlah Pengprov Cabor baru-baru ini. "Jika seleksinya digelar Pengprov Cabor, kami juga akan memastikan apakah si-atlet yang bakal diturunkan sudah memenuhi kualifikasi atau tidak," katanya.

Lanjut mantan Gubernur Bengkulu itu, atlet yang terjaring via seleksi, baik oleh KONI maupun Pengprov Cabor, nanti akan difasilitasi dengan pembinaan. Sehingga persiapan Bengkulu menghadapi PORWIL dan Pra Kualifikasi PON bisa optimal.

Rakor KONI Bengkulu "Menuju Pra Kualifikasi PON Aceh - Sumut dan PORWIl XI Riau 2023" itu juga diisi acara berbuka puasa bersama. Tapi mirisnya, unsur dari Pemprov yakni Gubernur dan Dispora tampak tidak hadir dalam Rakornis itu.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS