Minum Es Terlalu Banyak Saat Berbuka, Ini Dampaknya

Herlina - Senin, 27 Maret 2023 14:24 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Minum es saat berbuka puasa memang menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, ternyata minum es terlalu banyak saat berbuka dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh.

Menurut ahli gizi, Dr. Fitriana Sari, S.Gz., mengkonsumsi es yang terlalu banyak saat berbuka dapat membuat suhu tubuh turun drastis secara tiba-tiba. "Suhu tubuh yang turun tiba-tiba dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan saluran pernapasan, seperti mual, muntah, dan batuk," ujarnya.

Tak hanya itu, minum es terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. "Ketika kita minum es terlalu banyak, gula darah dalam tubuh bisa naik dan turun dengan cepat. Ini bisa berdampak pada kesehatan, terutama bagi penderita diabetes," tambah Dr. Fitriana.

Selain itu, minum es terlalu banyak juga dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh gas yang terperangkap di dalam perut akibat es yang terlalu dingin.

Oleh karena itu, Dr. Fitriana menyarankan untuk mengurangi konsumsi es saat berbuka dan lebih memilih minuman hangat seperti teh atau air hangat dengan tambahan lemon untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

"Dengan memperhatikan asupan minuman saat berbuka, kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dampak buruk yang dapat timbul akibat konsumsi es yang terlalu banyak," tutupnya. (**)

Tags Minum Es Tips Bagikan

RELATED NEWS