Pecatur Asal Kepahiang Raih Gelar Master Nasional, Susi: Hadapi Porwil, Percasi Gelar Selekda

Herlina - Rabu, 22 Maret 2023 10:56 WIB
Pecatur Bengkulu Asal Kepahiang Reimon Ronaldo (pangku tangan) resmi mendapatkan gelar Master Nasional (MN).(Foto/Ist)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Ketua Pengprov Percasi Bengkulu, Susi Marleniy Bachsin, SE MM, mengungkapkan menghadapi babak prakualifikasi PON, Pengprov Percasi Bengkulu sudah mulai gelar seleksi daerah (Selekda). Seleksi ini dilakukan beberapa tahap.

"Selekda ini kami lakukan, tidak lain untuk menjaring pecatur berkualitas serta siap diterjunkan dalam babak kualifikasi PON pada bulan Oktober depan di Pekanbaru Riau," jelas Susi Marleny didampingi Sekum Percasi, Haryono, S.Pd, Selasa (22/03/2023).

Bahkan lanjut anggota DPR RI Dapil Bengkulu ini, ada enam pecatur kita diterjunkan pada kejuaraan nasional (Kejurnas) yang di pentas di Jakarta pekan lalu. Ini juga salah satu untuk menguji kemampuan para pecatur.

"Bahkan saya bangga, satu pecatur kita atasnama Reimon Ronaldo asal Kepahiang yang tampil di Kejurnas, dinobatkan meraih gelar MN. Ini tak mudah untuk mendapatkan Master Nasional. Pasalnya butuh proses. Alhamdulillah, ini merupakan suatu kebanggaan khususnya masyarakat catur Bengkulu," jelas Susi dengan nada bangga.

Ditambahkan Haryono, menghadapi Porwil yang bakal dipentas Oktober 2023, Pengprov Percasi Bengkulu sudah mulai melakukan persiapan. Salah satunya, menyelenggarakan seleksi daerah (Selekda) bertahap dan mengirim pecatur ke Kejurnas.

"Ada 20 pecatur yang ambil bagian dalam Selekda. Dari jumlah itu akan mengerucut untuk ditetapkan enam pecatur yang siap dimasukan dalam line up menghadapi Porwil Oktober mendatang," papar Haryono.

Nanti setelah terpilih enam pecatur, kata, Haryono, baru diprogramkan masuk pemusatan latihan. Rencana ada juga program try out, tapi nanti akan kita ajukan dulu dengan KONI Bengkulu. "Kalau tidak ada kendala teknis, usai lebaran selekda sudah selesai," tandas Haryono.

Berkaca dengan prestasi cabang olahraga (cabor) catur saat ini, kans Bengkulu sangat berpeluang besar bisa mendapat tiket Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang siap dibentang di Aceh - Sumut, Oktober depan.

Karena di level Sumatera, Bengkulu diperhitungkan. Apalagi catur salah satu cabor yang masih dimainkan di perhelatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil). Ini sangat menguntungkan Bengkulu, karena persaingan dalam memburuh tiket PON, tidak seketat seperti Kejurnas Pra-PON.

Ini diakui pecatur veteran Bengkulu, Ricky Darmawan. "Untuk Sumatera, Bengkulu diperhitungkan. Sebab itu peluang pecatur kita untuk lolos ke PON sangat besar sekali," ujar Ricky pecatur penyandang gelar MP itu.

Ungkapan yang sama disampaikan pecatur Hermawan Susanto. Kalau segi kualitas maupun kemampuan, pecatur Bengkulu untuk saat ini di wilayah sumatera, masih memiliki nama besar.

"Jadi guna persiapan menuju babak prakualifikasi PON, mulai sekarang sudah siap. Lebih cepat persiapan, lebih bagus. Apalagi kalau nanti ada try out, lebih mantap untuk menguji kemampuan," kata pecatur bergelar MN itu.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS