Pencak Silat Poltekkes Kemenkes, Event Akbar 2023, Eliana: Diikuti 290 Pesilat Se-Sumbagsel

Herlina - Sabtu, 06 Mei 2023 08:22 WIB
Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat dalam rangka Dies Natalis Poltekkes Kemenkes ke-22 tahun 2023. (foto : istimewa)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Sedikitnya 290 pesilat putra-putri dari seantaro Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) ambil bagian pada kejuaraan Pencak Silat Poltekkes Kemenkes Bengkulu tahun 2023.

Event yang dipanggung di Gedung Pemuda dan Olahraga Sawah Lebar Bengkulu yang dibuka secara resmi Gubernur Bengkulu diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Jumat (05/05/2023) itu, memperebutkan hadiah uang pembinaan total Rp 20 juta.

Kejuaraan Pencak Silat Poltekkes Kemenkes, merupakan event akbar selama musim ini. Pasalnya, selain pesertanya pesilat-pesilat tangguh dari Sumbagsel, juga gelarannya berlangsung selama tiga hari (5-7 Mei 2023).

Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni dalam sambutannya menyampaikan, Gubernur Bengkulu memberikan apresiasi gelaran event pencak silat yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

"Karena olahraga ini selain mencari prestasi, tapi merupakan salah satu bagian dari upaya kita menyehatkan masyarakat. Pak Gubernur berharap dari event Pencak Silat Poltekkes Kemenkes dapat melahirkan pesilat berprestasi. Baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional," ujar Herwan.

Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat dalam rangka Dies Natalis Poltekkes Kemenkes ke-22 tahun 2023. (foto : istimewa)

Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Provinsi Bengkulu Eliana, SKM, MPH, mengatakan Kejuaraan Pencak Silat Poltekkes Kemenkes 2023, adalah salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Poltekkes Kemenkes ke-22 tahun 2023.

"Kejuaraan pencak silat ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Poltekkes Kemenkes ke-22 tahun 2023. Dan Kejuaraan Pencak Silat ini pesertanya dari Sumbagsel. Kami berharap dari event ini dapat melahirkan pesilat berprestasi yang busa berbicara baik tingkat nasional maupun internasional," jelas Eliana.

Bagian lain Ketua Panitia Pelaksana Sinthya Nada, mengatakan event ini diramaikan 290 pesilat terbaik dari seantaro Sumbagsel. Seperti dari Jambi, Sumsel, Lampung dan dari daerah tetangga lainnya. "Event ini selain memperebutkan piala, juga disiapkan uang pembinaan total Rp 20 juta," katanya.

Ketua Umum Pengprov IPSI Provnsi Bengkulu, Hopalara, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang dapat melaksanakan hajatan event akbar pencak silat se- Sumbagsel.

"Ucapan terima kasih pada Direktur Poltekkes Kemenkes yang mampu melaksanakan kegiatan ini. Event ini akan kita agendakan tiap tahun. Kedepan kita berharap lebih besar lagi skala nasional," jelas Hopalara.

Dari jajaran IPSI, kata dia, tentunya sangat bangga, bahwa pencak silat sudah berkembang diminati seluruh lapisan masyarakat. "Kedepan juga kita berharap ada event besar Piala gubernur," tandasnya.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS