Ramai di TikTok dan Twitter, Apa itu Career Cushioning

Herlina - Minggu, 11 Desember 2022 19:17 WIB
ilustrasi freepik.com

JAKARTA,LyfeBengkulu.com - Istilah-istilah mengenai karier tampaknya kerap diperbincangkan di media sosial, seperti TikTok atau Twitter. Baru-baru ini, akun Twitter @hrdbacot juga terlihat membicarakan hal ini.

Career cushioning sendiri ternyata bukan konsep baru, tapi tampaknya sedang dibicarakan dengan cara baru karena para pekerja sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi PHK. Career cushioning sebetulnya merupakan istilah yang berasal dari dunia kencan di mana seorang individu mencoba mencari pasangan lainnya saat masih berkomitmen dalam hubungan yang lama.

Sedangkan dalam ranah kerja profesional, seperti yang dilansir dari laman Forbes istilah ini merujuk pada menjaga agar pilihan pekerja tetap terbuka dan mengambil tindakan untuk mendapat pilihan pekerjaan baru jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga. Kecenderungan ini sebetulnya tidak mengherankan, mengingat semakin banyak perusahaan yang memberhentikan pekerjanya karena mereka bersiap menghadapi potensi resesi yang disebabkan karena inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga.

Meski begitu, terlepas dari kondisi ekonomi saat ini, penting untuk bersikap selalu terbuka terhadap peluang baru. Aktif mencari peluang baru membuat Anda menyadari bahwa Anda memiliki pilihan dan bahwa Anda tidak akan terjebak dalam satu peran atau perusahaan saja.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk selalu aktif mengasah keterampilan berburu pekerjaan baru sehingga Anda akan siap saat ingin mencari posisi baru. Kemungkinan lainnya yaitu Anda mungkin menemukan posisi yang tampak agak menarik, dan kemudian setelah melalui giliran wawancara, akhirnya justru menjadi pekerjaan impian Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai career cushioning yang baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial seperti Twitter atau TikTok. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya? (ta)

Editor: Herlina
Tags Career CushioningBagikan

RELATED NEWS