Siomay Indonesia Jadi Dumpling Terbaik Versi Taste Atlas

Redaksi Daerah - Jumat, 10 Mei 2024 09:38 WIB
Siomay Jadi Makanan Dumpling Terbaik Versi Taste Atlas (Taste Atlas)

JAKARTA - Makanan seperti siomay tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, mengejutkannya Siomay diakui sebagai makanan jenis dumpling terbaik versi Taste Atlas.

Siomay sendiri adalah makanan Indonesia yang terbuat dari kulit pangsit dan ikan yang dikukus. Kemudian adonan tersebut dibentuk kerucut lalu disajikan bersama dengan telur rebus, kentang kukus, kubis kukus, tahu yang dikukus, dan pare kukus.

Makanan tersebut setelah melalui proses memasak dengan dikukus akan ditampung di piring lalu dipotong sesuai ukuran sekali gigit atau bite size kemudian ditaburi dengan saus kacang pedas.

Sentuhan terakhir pada hidangan siomay ini pada umumnya adalah siraman kecap manis dan sambal serta sedikit perasan jeruk nipis.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya siomay berasal dari bahasa China yaitu shumai serta diyakini berasal dari kalangan imigran Tionghoa yang datang ke Indonesia ketika masa penjajahan Belanda.

Dumpling Terbaik Versi Taste Atlas

Dumpling atau Pangsit Terbaik Versi Taste Atlas

Selain siomay, berikut makanan dumpling terbaik versi Taste Atlas mulai dari posisi kedua hingga posisi ke-10.

Guotie

Guotie adalah variasi pangsit jiaozi Tiongkok asal China yang diolah dengan cara digoreng. Pangsit ini biasanya diisi dengan daging babi cincang, kubis China, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen.

Guotie memiliki tekstur yang renyah dan lembut yang diperoleh dari persiapan khusus saat memasak. Ketika bagian bawah pangsit digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan lalu ditutup. Hal itu akan membuat pangsit dan isiannya seperti dikukus.

Soup buns (Tangbao)

Tangbao artinya sekelompok pangsit kukus yang berisi sup China. Tergantung dari asalnya, biasanya pangsit dibuat dari adonan pangsit beragi atau polos kemudian dibalut dengan isian agar-agar, dipelintir dan ditutup rapat di bagian atas, lalu dikukus. Isiannya biasanya berupa daging babi cincang atau daging kepiting.

Hamamatsu Gyoza

Hamamatsu adalah variasi gyoza Jepang yang diisi dengan kubis, bawang bombay, daging babi, dan bumbu pilihan. Biasanya gyoza dimasak dalam pola melingkar sehingga dapat menggoreng banyak gyoza sekaligus dalam waktu yang sama. Biasanya Hamamatsu gyoza disajikan dengan topping tauge.

Jiaozi

Jiaozi adalah pangsit Tiongkok yang terbuat dari adonan yang digulung tipis berisi daging atau isian sayuran. Jiaozi disajikan untuk hidangan pembuka atau hidangan utama dengan tambahan saus berbahan dasar kecap. Biasanya, jiaozi disantap ketika perayaan Tahun Baru Imlek.

Pierogi

Pierogi adalah pangsit dari Polandia. Makanan khas petani ini ternyata berkembang menjadi salah satu hidangan favorit orang Polandia.

Setiap keluarga di Polandia memiliki variasi isian pierogi masing-masing dan bahan-bahan yang dapat digunakan hanya dibatasi oleh ide dan kreativitas juru masak saja.

Pierogi dapat bercita rasa manis, gurih, atau pedas dan isian yang paling umum termasuk keju, bawang bombay, daging giling, kentang, dan asinan kubis. Sedangkan pierogi versi manis biasanya berisi buah beri seperti stroberi atau blueberry. Secara tradisional, pangsit ini biasanya disajikan sebagai hidangan ke-12 ketika makan malam tradisional Malam Natal Polandia.

Shuijiao

Shuijiao adalah pangsit asal China yang disajikan baik tanpa kuah atau dengan kuah. Pangsit ini biasanya diisi dengan beberapa bahan isian populer seperti udang, mentimun, kol ungu, daging babi giling, tauge, bihun, dan nasi. Shuijiao sangat populer apalagi ketika Tahun Baru Imlek.

Xiaolongbao

Xiaolongbao adalah pangsit berisi sup dalam jumlah besar dan daging babi cincang. Isian dan kulit pangsit yang sudah dibuat menjadi xiaolongbao tersebut kemudian dikukus dalam kukusan bambu khusus. Tidak hanya daging babi cincang, terkadang xiaolongbao diisi dengan daging kepiting atau udang.

Roti Babi Goreng atau Shengjian Mantou

Shengjian mantou adalah jenis pangsit goreng yang unik. Shengjian mantou termasuk dalam kategori pangsit sup atau roti sup dan rasanya sedikit berbeda dari xiaolongbao.

Makanan tersebut dibuat dari daging babi cincang, sayuran, atau udang sebagai dasarnya. Kemudian, bahan-bahan tersebut dipadukan dengan kubis daun bawang lalu dibumbui dengan kecap, minyak wijen, dan terkadang jahe dan bawang putih.

Gyoza

Gyoza adalah pangsit Jepang yang berbentuk bulan sabit. Gyoza memiliki kulit yang tipis yang terbuat dari tepung terigu, telur dan air serta diisi dengan campuran daging dan sayuran.

Isian gyoza bisa berupa daging babi atau ayam cincang, kubis, bawang putih, jahe, dan dan daun bawang dalam jumlah besar.

Itu tadi penjelasan mengenai siomay yang jadi dumpling nomor satu menurut versi Taste Atlas serta beberapa macam pangsit lainnya yang masuk dalam deretan peringkat sepuluh besar. Ada yang jadi favorit Anda?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 10 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS