Tiga Biaya Tersembunyi Saat Belanja Online Bisa Bikin Boros

Herlina - Sabtu, 03 Desember 2022 15:31 WIB
ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Semakin banyak layanan e-commerce tentu memudahkan para pengguna untuk belanja secara online tanpa harus repot ke luar rumah dan pergi ke tokonya langsung. Meski begitu, Anda perlu mengetahui biaya tersembunyi dari belanja online yang sering tidak disadari.

Biaya tersembunyi atau biaya tambahan ketika belanja online ini perlu diketahui agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Berikut beberapa biaya tersembunyi yang bikin pengeluaran Anda boros saat belanja secara online.

1. Biaya Ongkos Kirim

Ongkos kirim merupakan salah satu biaya yang harus dibayar bagi Anda yang membeli barang melalui e-commerce. Selain itu, jika Anda memilih untuk dikirim pada hari yang sama juga akan membuat Anda harus membayar lebih.

Oleh karena itu, jika Anda sedang menghemat pengeluaran, ada baiknya jika Anda hanya membeli barang lewat e-commerce jika barang tersebut sulit ditemukan di toko offline di sekitar Anda.

2. Biaya Tambahan

Penjual online di e-commerce tentu dikenai biaya layanan. Hal ini membuat mereka menaikkan harga daripada harga biasanya. Oleh karena itu, pastikan untuk cermat saat belanja online di e-commerce agar Anda mendapatkan harga yang pantas untuk barang yang Anda beli.

3. Biaya Pengganti

Beberapa penjual online ada yang tidak memberikan biaya pengganti jika ada barang yang hilang ketika dikirimkan. Oleh karena itu, pastikan sebelum checkout barang di e-commerce, Anda perlu mengetahui penilaian toko online dan pilih kurir yang terpercaya.

Itu tadi biaya tersembunyi yang kerap tidak disadari ketika Anda berbelanja secara online. Selain waspada terhadap biaya tersembunyi Anda juga perlu untuk selalu sadar dan cermat ketika belanja agar tidak belanja secara impulsif. (ta)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS