Tips Mudah Mendeteksi Malware di Ponsel Anda

Redaksi Daerah - Rabu, 03 April 2024 09:27 WIB
Cara Mendeteksi Ponsel yang Telah Terserang Malware (Freepik)

JAKARTA - Smartphone sekarang memiliki fungsi yang hampir mirip dengan komputer atau laptop. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ponsel juga rentan terhadap serangan malware.

Malware yang menyerang perangkat seluler pada umumnya berbentuk spyware, adware, atau ransomware. Meski begitu, ternyata sulit untuk mendeteksi apakah ponsel Anda telah terinfeksi malware atau tidak.

Hal tersebut memang disengaja, karena pembuat malware sendiri tidak ingin Anda bisa mendeteksi software mereka dan menghapusnya.

Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai tanda-tanda aktivitas di ponsel yang mengganggu, yang dapat mengindikasikan adanya malware di ponsel Anda.

Ciri-ciri Ponsel yang Terinfeksi Malware

Seperti yang dilansir dari PC Mag, berikut ponsel yang telah diserang oleh malware yang harus Anda waspadai.

Muncul Iklan Pop-up yang Tidak Segera Hilang

Jika Anda tiba-tiba melihat ada banyak iklan di aplikasi tertentu, bahkan saat tidak ada aplikasi yang terbuka, ponsel Anda mungkin telah terinfeksi adware.

Iklan yang mengganggu ini dapat menghasilkan uang saat Anda mengklik iklan tersebut, bahkan mencoba menginfeksi ponsel dengan malware yang lebih buruk atau memberikan tautan ke penawaran penipuan.

Muncul Biaya yang Tidak Dapat Dijelaskan pada Tagihan Anda

Coba lihat laporan tagihan telepon atau kartu kredit Anda, dan pastikan Anda selalu memperhitungkan setiap tagihan dengan cermat. Jika tidak, ada kemungkinan Anda telah menjadi korban penipuan yang disebut cramming, atau layanan yang tidak diizinkan yang telah ditambahkan ke ponsel Anda lalu dibebankan ke tagihan telepon Anda.

Baterai Ponsel Terkuras Habis Lebih Cepat

Meski baterai mengalami penurunan kualitas secara alami seiring berjalannya waktu, Anda tidak akan melihat perubahan mendadak dalam masa pakai baterai karena keausan normal. Malware tersebut mungkin telah membajak komponen ponsel Anda untuk melakukan tugas di latar belakang atau bahkan memutar video secara diam-diam. Hal itulah yang membuat baterai ponsel jadi habis dengan lebih cepat.

Ponsel Jadi Terlalu Panas

Dalam kondisi normal, ponsel tidak akan terlalu panas saat disentuh. Namun, malware dapat membebani kinerja CPU internal atau mekanisme daya secara berlebihan.

Jika ponsel Anda sudah terlalu panas, segeralah mencabutnya dari sumber listrik apapun dan mematikannya. Jika tidak segera diantisipasi, ponsel yang panas justru dapat menyebabkan kebakaran dan bahkan meledak.

Ponsel Jadi Lebih Lambat

Jika perangkat dibajak, malware dapat membuat komponen di dalam ponsel Anda bekerja terlalu keras, dan menyebabkan fungsi sederhana memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya.

Itu tadi ciri-ciri ponsel yang telah diserang oleh malware. Hati-hati dan tetap waspada!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 03 Apr 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS