Dispar Bengkulu Luncurkan Website Pariwisata Satu Pintu

Kamis, 25 Agustus 2022 13:45 WIB

Penulis:Herlina

Editor:Herlina

WhatsApp Image 2022-08-25 at 12.13.28 PM.jpeg
Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu meluncurkan website pariwisata satu pintu untuk mengembangkan pariwisata di Bengkulu.

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Sebagai upaya mengembangkan wisata dan ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu meluncurkan website pariwisata satu pintu.  

Peluncuran ini dilakukan langsung Kepala Dispar Provinsi Bengkulu Saidirman dengan menghadirkan Dispar Kabupaten/Kota, pengelola destinasi wisata, pengelola UMKM dan pengelola resto/kuliner.

Saidirman menyampaikan, hadirnya website pariwisata satu pintu ini sebagai upaya menggalang potensi wisata di daerah yang tegabung dalam satu platform khusus.

"Jika selama ini penjabaran objek dan potensi wisata melalui website Dispar Kabupaten/Kota, sekarang kami hadirkan dalam satu platform saja. Ini agar calon wisatawan dari luar daerah bisa melihat lengkap, potensi apa sih yang dimiliki Bengkulu tanpa harus mencari satu persatu website-nya," papar Saidirman, Kamis (25/08).  

Sebelum peluncuran berlangsung, pelaku wisata dan ekonomi kreatif lebih dahulu mengikuti sosialisasi mengenai input data untuk menu website terkait di sektor kepariwisataan.

"Jadi kedepan di daerah bisa input data sendiri secara mandiri, karena akses untuk loginnya sudah diberi," ujar Saidirman.

Saidirman mengatakan aplikasi ini menyediakan banyak informasi kepariwisataan. Mulai dari akomodasi perhotelan, rumah sakit dan banyak destinasi wisata di Bengkulu.

"Adapula informasi pendukung lainnya seperti pusat kuliner, aksesibilitas dan, produk ekraf dan lainnya," kata Saidirman.

Dia menambahkan, melalui aplikasi ini, wisatawan dapat merencanakan kunjungan dan melakukan eksplorasi wisata secara virtual maupun menjadi referensi tujuan berwisata langsung.

"Sehingga, wisatawan dapat menikmati dengan kunjungan wisata secara berkualitas di Bengkulu," kata dia.

Sebagai langkah efektif dan berkelanjutan, Dispar Provinsi Bengkulu mengajak Dispar di daerah dapat menginput sendiri data objek wisatanya ke dalam website. 

"Dengan adanya website satu pintu ini dapat menghimpun daftar objek wisata apa saja yang dimiliki daerah tanpa harus membuka website Dispar yang dibuat masing-masing," katanya.

Saidirman berharap, aplikasi ini bisa mempermudah wisatawan untuk mengakses fasilitas wisata di Bengkulu.

"Setelah ini, silahkan Dispar, pelaku Ekraf dan dapat mengekspose secara deskripsi apa yang dimiliki di daerah. Muda-mudahan ini memberi dampak positif terhadap kepariwisataan daerah," demikian Saidirman. (mb)