Dukung Kapasitas Pelaku UMKM, Kemendag MOU Bersama Pertamina

Jumat, 23 Juni 2023 18:11 WIB

Penulis:Herlina

Editor:Herlina

Screenshot 2023-06-23 173248.png
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi dengan Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya Satyamurti Poerwadi melakukan penandatanganan MOU tentang Pembinaan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Ekspor Dalam Rangka Pengembangan Ekspor di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Kamis lalu (22/06/2023). (foto : istimewa)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- Berkomitmen dalam peningkatan kapasitas pelaku usaha di bidang ekspor serta pelaksanaan promosi dagang pelaku UKM untuk memperluas pasar ekspor, Kementerian Perdagangan dan  PT Pertamina (Persero) melakukan penandatangan kesepakatan MoU bersama.

Hal ini dilakukan langsung Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi dengan Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya Satyamurti Poerwadi tentang Pembinaan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Ekspor Dalam Rangka Pengembangan Ekspor di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Kamis lalu (22/06/2023). 

Dirjen Didi menyampaikan bahwa kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) merupakan pengejawantahan komitmen Kementerian Perdagangan untuk berkolaborasi dengan BUMN untuk membangun ekosistem UKM yang tangguh, inovatif, dan berdaya saing tinggi di pasar global.

"Melalui kerja sama ini, pelaku UKM binaan Pertamina dapat memperoleh fasilitasi peningkatan kapasitas melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ekspor, serta memperoleh kesempatan untuk mempromosikan produknya ke pasar global melalui berbagai kegiatan promosi yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan," katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Vice President CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman; Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Ganef Judawati; serta Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Marolop Nainggolan.(**)