Sehatkan Ginjal dan Hati dengan 5 Rutinitas Pagi yang Mudah Dilakukan

Kamis, 12 September 2024 20:29 WIB

Penulis:Redaksi Daerah

Editor:Redaksi Daerah

5 Kebiasaan Pagi Hari yang Dapat Membersihkan Ginjal dan Hati
5 Kebiasaan Pagi Hari yang Dapat Membersihkan Ginjal dan Hati (Freepik.com)

JAKARTA - Ginjal dan hati adalah organ yang sangat penting bagi tubuh Anda. Kedua organ tersebut bekerja tanpa lelah untuk menyaring dan membuang racun dari tubuh.

Namun, seiring bertambahnya umur, organ-organ ini bisa jadi kewalahan, terutama karena adanya tuntutan kehidupan yang modern. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal berikut untuk membantu membersihkan ginjal dan hati, seperti yang dirangkum dari Times of India.

Kebiasaan Pagi Hari yang Menyehatkan Organ Ginjal dan Hati

1. Mulai Hari dengan Yoga

Yoga khususnya pose tertentu seperti latihan pernapasan, membungkuk ke depan, dan memutar tubuh dapat memberikan kontribusi penting terhadap detoksifikasi organ tubuh.

Pose-pose tersebut diketahui mampu merangsang aliran darah, membantu pencernaan, dan mendorong pembuangan racun.

2. Hati-hati dengan Apa yang Anda Konsumsi

Makanan yang Anda konsumsi di pagi hari dapat mendukung atau menghambat upaya detoksifikasi di dalam tubuh. Memulai hari dengan minum segelas air lemon hangat merupakan kebiasaan yang populer dilakukan dan efektif.

Lemon kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu membuang racun dan mendukung fungsi hati.

Anda juga bisa menambahkan makanan seperti bawang putih, kunyit, dan sayuran hijau ke dalam sarapan untuk menutrisi tubuh serta membantu detoksifikasi.

3. Mandi dengan Sikat yang lembut

Mandi di pagi hari tidak hanya akan membangunkan tubuh Anda tapi juga sekaligus membantu tubuh membuang racun. Menggunakan sikat yang lembut untuk menggosok kulit akan merangsang drainase limfatik yang penting untuk membuang racun dari tubuh.

4. Olahraga Setiap Hari

Olahraga teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk mendukung ginjal dan hati dalam memaksimalkan peran detoksifikasinya. Aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengangkut racun ke organ yang bertanggung jawab untuk membuangnya.

Sebuah penelitian di International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga secara teratur dapat meningkatkan fungsi hati dan mempercepat proses detoksifikasi secara keseluruhan. Baik itu olahraga seperti jalan cepat, jogging, atau sesi olahraga aerobik, melakukan aktivitas fisik setiap hari dapat berkontribusi secara signifikan untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati.

5. Konsumsi Jus Sayuran

Mulai hari dengan segelas jus sayuran segar dan mentah dapat memberi tubuh dosis vitamin, mineral, dan antioksidan terkonsentrasi yang mendukung upaya detoksifikasi. Sayuran seperti bit, wortel, dan bayam sangat bermanfaat karena mengandung nutrisi yang meningkatkan fungsi hati dan membantu membersihkan ginjal.

Itu tadi beberapa kebiasaan di pagi hari yang sangat bermanfaat untuk organ ginjal dan hati Anda. Tertarik untuk mencoba?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 12 Sep 2024