Senator Bengkulu, Ahmad Kanedi, Ingatkan Peran Perempuan Siapkan Generasi Emas Indonesia Unggul 2045

Minggu, 13 Agustus 2023 04:20 WIB

Penulis:Herlina

Editor:Herlina

WhatsApp Image 2023-08-12 at 20.47.20.jpg
Senator Bengkulu, Ahmad Kanedi, bersama peserta FGD dari lintas organisasi perempuan di Bengkulu, Sabtu (13/08/2023). (foto : istimewa)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com-  "Perempuan di Bengkulu diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk membentuk generasi yang baik dan berkompeten, serta siap menghadapi perubahan zaman ke depan," ungkap Anggota DPD-RI Dapil Provinsi Bengkulu, Ahmad Kanedi, saat membuka Forum Group Discussion (FGD) mengenai Peran Perempuan Menyiapkan Generasi Emas Indonesia Unggul 2045, yang diselenggarakan di kediaman Fatmawati Soekarno, Sabtu (12/08/2023).

Kegiatan tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemasangan pin bendera merah putih oleh peserta, di rumah Fatmawati. Kegiatan tersebut dihadiri Akademisi dari  Universitas Bengkulu (Unib), Gushevinalti dan Amnah Qurniati Amnur, dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB).  Keduanya menyampaikan materi mengenai pentingnya pengawasan digitalisasi terhadap generasi emas dan berada pada digital native. 

Gushevinalti mengatakan generasi saat ini yang sedang tumbuh merupakan generasi digital native, yang sudah mengenal teknologi sedari bayi bahkan masih di dalam kandungan. Alhasil generasi digital native telah menguasai bagaimana konsep literasi digital dengan mudah.

Orangtua selaku digital imigran yakni kelompok yang baru beradaptasi dengan perubahan teknologi, harus mampu memberikan arahan ataupun batasan terhadap anak agar tidak menuju sisi negatif dari dunia digitalisasi.

"Para orangtua harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana bahaya atau dampak buruk dari adanya digitalisasi terhadap pembangunan karakter dan wawasan anak. Orangtua juga diminta untuk lebih cepat tanggap dalam perkembangan anak bahkan interkasi terhadap digitalisasi. Sehingga diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi emas sesungguhnya baik dari wawasan, etika, moral dan iman," katanya.

Bang Ken, sapaan akrabnya, menuturkan lewat kegiatan ini perempuan perempuan di Bengkulu, dirasa sudah siap mengawal perubahan dan menghadapi berbagai rintangan untuk mencapai generasi emas tersebut.

“Alhamdullilah hari ini perempuan Bengkulu sudah siap mengawal perubahan dan menuju generasi emas yang unggul. Serta siap menghadapi berbagai tantangan ke depannya,” demikian Kanedi.(**)