Tips Traveling Low Budget yang Anti Ribet

Sabtu, 11 Desember 2021 23:26 WIB

Penulis:Herri

Editor:Herri

Putra Pariwisata Nusantara Bengkulu 2021, Yuvaldo Dimas Pranata memberikan tips buat anak muda agar bisa traveling dengan hemat.
Putra Pariwisata Nusantara Bengkulu 2021, Yuvaldo Dimas Pranata memberikan tips buat anak muda agar bisa traveling dengan hemat. (Foto: Instagram Yuvaldo/lyfebengkulu.com)

Traveling sudah menjadi salah hobi anak muda saat ini. Mulai traveling di Indonesia saja hingga ke luar negeri. Tapi yang jadi masalah nih, mau traveling tapi budget terbatas. Duh, bikin ribet deh. 

Yapp, salah satu masalah yang dihadapi terutama anak muda saat mau traveling apalagi kalau bukan pendanaan. Wajarlah, anak muda kan umumnya masih mengandalkan uang jajan dari orang tua.

Ada nggak sih caranya biar bisa traveling low budget, tapi nggak bikin ribet? Ada. Nah, Putra Pariwisata Nusantara Bengkulu 2021, Yuvaldo Dimas Pranata memberikan tips nih buat kalian anak muda agar bisa traveling dengan hemat.

Menabung

Mungkin kedengarannya sepele. Tapi benar loh menabung merupakan salah satu cara agar bisa mengumpulkan uang yang nantinya bisa dipakai buat traveling. Mulai sekarang bedakan uang yang dipakai untuk jajan dan uang yang disisihkan untuk ditabung. Saat dapat uang ekstra, ya misalnya pemberian saudara atau honor dari job yang kalian kerjakan, jangan langsung digunakan semua. Simpan dan ingat target buat liburan harus diwujudkan.

Atur Tanggal dan Tujuan Traveling 

Mengatur jadwal keberangkatan dan tujuan traveling penting dilakukan. Termasuk berapa lama waktunya. Sehingga kalian bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan. Kalian juga harus sering mengintip promo-promo yang ditawarkan travel agent, biar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Bikin daftar tempat yang ingin kalian kunjungi. Ingat loh rute tujuan yang nggak teratur bisa bikin pengeluaran membengkak.

Mengajak teman yang satu circle tak hanya menambah keseruan, namun bisa menghemat pengeluaran saat traveling. (Foto: Instagram Yuvaldo/lyfebengkulu.com)

Ajak Teman yang Satu Circle 

Nah, ini nih yang wajib ada dan sangat membantu menghemat budget yang kalian keluarkan saat traveling. Kalau kalian liburan, semakin banyak orangnya bisa semakin hemat anggaran travelingnya. Selain lebih asyik traveling bareng teman, kalian juga bisa bagi-bagi pendanaan. Mulai dari hotal, sewa kendaraan ataupun makan. Bisa teman yang satu daerah, beda daerah ataupun teman di daerah yang mau dikunjungi. 

Fokus ke Tujuan

Ketika kalian traveling kalian harus fokus ke tujuan traveling kalian kemana. Jangan sampai tergoda ketika kalian sudah pergi dan akhirnya justru nggak sampai ke tujuan yang awalnya diinginkan. Godaan buat pindah jalur tujuan memang sulit dihindari. Tapi ingat, budget yang kalian harus keluarkan jangan sampai keluar jalur yang sudah kalian rancang.

Buat Daftar Pengeluaran 

Sebelumnya kalau kalian sudah punya tujuan traveling, lebih baik dibuat daftarnya lagi dan mini rundown gitu. Biar liburannya lebih berkesan dan teratur. Termasuk membuat daftar pengeluaran dari awal hingga akhir. Jadi kalian bisa memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan dan berapa uang yang harus disiapkan. Lebih bagus lagi disiapkan juga pengeluaran tak terduga, sehingga kalian nggak bakalan kehabisan uang saat liburan.

Itu dia 5 tips untuk traveling hemat bagi anak muda. Bagaimana, tertarik untuk dipraktikkan nggak nih? Jangan lupa sebelum liburan selesaikan dulu tanggung jawab yang ada. Misalnya tugas kuliah dan tanggung jawab lainnya, biar nggak ada beban gitu saat liburan. Happy holiday. (yuv)