Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu Untuk Para Pecinta Pedas

Herlina - Senin, 11 Juli 2022 15:19 WIB
Di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ada dua pilihan, yaitu per ekor dan per potong. Warga Jakarta yang penyuka pedas jangan melewatkan kesempatan menikmati cita rasa pedas nan gurih khas Ayam Bakar Taliwang. (foto : ist/lyfebengkulu.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Ayam Bakar Taliwang, salah satu kuliner khas pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke Lombok, warga Jakarta juga bisa menikmati menu tersebut.

Cukup mendatangi rumah makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu yang beralamat di Jl. Sawo Kecik Raya No.9, RW.5, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Warga Jakarta yang penyuka pedas jangan melewatkan kesempatan menikmati cita rasa pedas nan gurih khas Ayam Bakar Taliwang.

“Setelah pensiun kerja, saya memutuskan untuk membuka usaha Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu karena saya asli Lombok, NTB dan kebetulan hobi masak. Nama Taliwang sendiri saya ambil dari nama kelurahan Karang Taliwang di kota Mataram, Lombok Barat, NTB. Ada juga nama Taliwang yang diambil dari nama kecamatan Taliwang, di pulau Sumbawa Barat, NTB. Sebelumnya, lokasi Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu, kemudian baru di tahun 2022 ini,” ujar Bang Tangu, Pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu.

Lebih lanjut, Bang Tangu menambahkan, semua menu yang disajikan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini asli khas Lombok, namun sudah disesuaikan dengan selera warga Jakarta.

Adapun menu makanan khas Lombok yang disajikan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini diantaranya, Ayam Bakar Taliwang, Ikan Bakar Nila Taliwang, Ikan Bakar Nila Taliwang, Ikan Bakar Gurame Taliwang, Udang Bakar Taliwang, Pelecing Kangkung, Beberuk Terung, Sop Bebalung Sapi, Lontong Pelalah Ayam, Ayam Bakar Pelecing, Nasi Campur Kaput, Iga Bakar Senggigi dan banyak lagi. (foto : ist/lyfebengkulu.com)

Untuk Ayam Bakar Taliwang ada dua pilihan yaitu per ekor dan per potong. Selain masakan Lombok, ada menu lain yang disajikan Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu seperti nasi putih, kwetiau goreng dan pangsit goreng.

"Kalau aslinya di Lombok, masakan khas Lombok termasuk Ayam Bakar Taliwang itu pedas banget. Tapi kalau masakan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini, udah kami sesuaikan level pedasnya dengan warga Jakarta yang tidak terlalu suka pedas. Jadi bisa direquest levelnya pedas atau tidak,” tutur pria yang bernama asli Sudirman ini.

Untuk bahan masakan, Bang Tangu menjamin semuanya masih fresh dan beberapa bahan masakan dikirim langsung dari Lombok seperti terasi, cabe kering dan lainnya.

“Beberapa bahan makanan langsung dari Lombok dan menu khas Lombok asli, yang membedakan rumah makan kami dengan rumah makan Taliwang lainnya. Harga yang kami tawarkan juga tawarkan sangat terjangkau baik di online maupun offline. Misalnya untuk harga ayam taliwang per ekor mulai dari Rp 16 ribu per ekor untuk offline. Sedangkan untuk online di Shopee Food dan Grab Food, harganya mulai dari Rp 21 ribu,” jelas Bang Tangu. (**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS