Bangkitkan Ekonomi Bengkulu, Pemprov-IKA PMBJ Gelar Pasar Rakyat dan Pameran Pembangunan

Herlina - Sabtu, 19 November 2022 20:02 WIB
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Pelajar dan Mahasiswa Bengkulu-Jogjakarta (IKA-PMBJ) menggelar pasar rakyat dan pameran pembangunan hasil karya UKM, di Sport Center Kota Bengkulu, Sabtu (19/11). (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Pelajar dan Mahasiswa Bengkulu-Jogjakarta (IKA-PMBJ) menggelar pasar rakyat dan pameran pembangunan hasil karya UKM, di Sport Center Kota Bengkulu, Sabtu (19/11).

Kepala Diskop-UKM Provinsi Bengkulu, Erdiwan mengatakan sebagai upaya membangun UMKM yang kuat di masa ini, diperlukan sebuah sinergi untuk mendorong dan memasarkan produk UMKM di setiap event.

Terlebih dengan pemilihan objek wisata Pantai Panjang sebagai pemilihan pasar rakyat mengajak UMKM dan pelaku wisata turut menggerakan ekonomi dan pariwisata yang ada.

Selain itu, Erdiwan mengatakan acaranya ini sekaligus momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu yang ke 54 di mana salah satunya adalah mendorong UMKM kuat dan berdaya saing.

"Kami mendorong pelaku UMKM daerah menumbuhkembangkan usahanya. Dengan adanya pasar dan pameran ini, nanti akan ada perputaran ekonomi sehingga tak hanya menghasilkan income, tapi juga mengenalkan wisata unggulan Bengkulu," kata dia.

Pihaknya berharap, kegiatan strategis Pasar Rakyat dan Pameran Pembangunan UKM ini akan semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan perekonomian Bengkulu, khususnya industri kreatif pariwisata dan UMKM.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bekerja bersama-sama, untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ungkapnya.

Sementara itu Ketua IKA-PMBJ, Erik Nugraha menambahkan kegiatan semacam ini adalah stimulus bagi pendapatan pelaku UMKM. Setelah dua tahun semua kegiatan dibatasi, mulai tahun inilah pemerintah memberi keleluasaan dan memulai semua kegiatan yang berbasis pada pemulihan ekonomi nasional.

Ia juga mengajak pelaku UMKM untuk berinovasi dan membranding bisnisnya menjadi sebuah produk yang diakui oleh pasar tak hanya secara konvensional namun juga mulai merambah dunia digital.

"Terlebih dua tahun belakangan, saat terjadinya COVID-19 menjadi satu kebangkitan dan tranformasi pemasaran sehingga semua sektor mulai beralih dari kegiatan langsung ke arah digitalisasi. Ini upaya kita mengajak UMKM berinovasi dan tampil percaya diri," ujarnya.

Beberapa giat yang diadakan ini di antaranya adalah bazar dan pasar rakyat, festival musik dan karya, senam aerobic, lomba mewarnai TK dan SD, nonton bareng pembukaan Piala Dunia Qatar, serta colour sun run.

Masyarakat dapat langsung mengunjungi dan mengakses sejumlah pameran hasil karya pengrajin dan UMKM di pelataran Sport Center Bengkulu mulai dari tanggal 17 November hingga 3 Desember 2022. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS