Berikut 15 Posisi Pekerjaan yang Semakin Banyak Dicari

Herlina - Kamis, 02 Februari 2023 09:21 WIB
Peneliti LinkedIn Economic Graph telah mengamati jutaan pekerjaan anggota LinkedIn sejak 1 Januari 2018 hingga 31 Juli 2022 guna menghitung tingkat pertumbuhan untuk setiap posisi pekerjaan. (foto : istimewa)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Dilansir dari Daftar Jobs on the Rise 2023 LinkedIn, memperlihatkan 15 posisi pekerjaan yang tumbuh paling pesat dalam lima tahun terakhir serta tren yang membentuk masa depan dunia kerja. Mulai dari meningkatnya perekrutan berbasis keahlian hingga permintaan untuk model kerja gabungan (hybrid), lanskap pekerjaan sedang dilanda gelombang perubahan. Ditambah dengan prospek ekonomi yang terlihat suram, banyak profesional yang bingung dengan langkah terbaik berikutnya untuk karier mereka.

Bersiap untuk menghadapi masa mendatang dengan mengambil langkah-langkah untuk menempa diri dengan daya lenting dan kemampuan beradaptasi, yang dikenal dengan istilah “career cushioning” adalah salah satu cara untuk menghadapi ketidakpastian. Berikut 15 posisi pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

1. Content Planner
Content planner atau perencana konten bertanggung jawab merencanakan dan mengelola konten secara keseluruhan menurut strategi pemasaran yang telah ditetapkan.

2. Data Science Specialist
Posisi pekerjaan yang sama adalah Data Specialist atau Data Scientist. Data science specialist mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar (big data) lalu mengubahnya menjadi informasi yang berguna bagi perkembangan perusahaan.

3. Talent Acquisition Specialist
Posisi pekerjaan yang sama adalah Talent Acquisition Recruiter atau Talent Recruiter. Talent acquisition specialist bertanggung jawab mencari, mengidentifikasi, dan merekrut karyawan baru yang memiliki kualitas tertentu sesuai kebutuhan perusahaan.

4. Growth Manager
Posisi pekerjaan yang sama adalah Strategy and Growth Specialist. Growth manager bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menggunakan kesempatan pertumbuhan perusahaan untuk mengembangkan bisnis.

5. User Experience Writer
Posisi pekerjaan yang sama adalah UX Writer. Bertugas membuat tulisan atau copy yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan atau menavigasi aplikasi, situs web, atau platform digital lainnya.

6. Epidemiologist
Epidemiologist menginvestigasi penyebab dan penyebaran wabah penyakit, mengumpulkan data, dan melaporkan temuan-temuan kepada otoritas terkait sehingga otoritas yang berwenang dapat memutuskan kebijakan yang diperlukan demi mencegah wabah di masa mendatang.

7. Customer Success Manager
Posisi pekerjaan yang sama adalah Client Success Manager. Customer success manager bertugas mengembangkan hubungan jangka panjang yang erat dengan pelanggan dengan mendukung mereka dan menyediakan sumber daya agar mereka dapat mencapai tujuan.

8. Product Researcher
Posisi pekerjaan yang sama adalah Product Specialist. Product researcher menganalisis pengalaman pengguna, fitur produk, dan seberapa efektif suatu produk saat digunakan oleh pelanggan dalam kehidupan sehari-hari, lalu membantu perusahaan dalam mengembangkan dan meluncurkan lini produk baru berdasarkan informasi dan temuan yang telah didapatkan.

9. Career Specialist
Posisi pekerjaan yang sama adalah Career Coach, Labor Force Mentor atau Career Counselor. Career specialist membantu klien atau pencari kerja dalam menemukan, merencanakan, dan menyusun rencana karier, memberikan konsultasi seputar pekerjaan, serta membantu klien mempersiapkan diri untuk wawancara kerja.

10. Software Quality Assurance Tester
Posisi pekerjaan yang sama adalah Software Quality Assurance Analyst atau Software Tester. Software Quality Assurance Tester bertugas melakukan pengujian terhadap software, membuat laporan dari hasil pengujian, dan memastikan suatu produk (software) telah memenuhi persyaratan sebelum diluncurkan.

11. Machine Learning Engineer
Posisi pekerjaan yang sama adalah ML Engineer. Machine Learning Engineer merancang dan mengembangkan model machine learning, mengimplementasikan algoritma dan sistem kecerdasan buatan yang berjalan sendiri untuk produk dan aplikasi.

12. DevOps Engineer
DevOps Engineer membangun kerjasama dan menjembatani antara tim developer (pengembang) dengan IT operation (operator yang menjalankan) sehingga sistem dapat berjalan dengan lancar dan efisien.

13. Environmental Health Officer
Posisi pekerjaan yang sama adalah Environmental Public Health Officer. Berperan melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat dari penyakit berbahaya, menginspeksi standar kebersihan makanan, dan menegakkan peraturan seputar kesehatan dan kebersihan.

14. Account Management Specialist
Posisi pekerjaan yang sama adalah Account Manager atau Client Engagement Specialist. Account management specialist bertanggung jawab untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan untuk meningkatkan penggunaan produk atau jasa perusahaan.

15. Site Reliability Engineer
Posisi pekerjaan yang sama adalah SRE Engineer. Site Reliability Engineer membantu mengembangkan infrastruktur aplikasi atau website yang andal serta bekerja dengan stakeholder teknikal lainnya. (**)

Editor: Herlina
Tags versi LinkedInBagikan

RELATED NEWS