Dukcapil Petakan Data Penduduk Rentan di Provinsi Bengkulu

Herlina - Selasa, 11 Oktober 2022 10:57 WIB
Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irinati

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu mencatat terdapat ribuan penduduk rentan di daerah belum terdata. Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irinati mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat bakal melakukan pemetaan pendataan bagi ribuan kelompok rentan di daerah.

"Untuk data kelompok rentan kami masih belum punya data validnya. Tapi dalam waktu dekat akan kami petakan dan kami harap nantinya akan terdata di Dukcapil," sampai Diah.

Dalam kelompok rentan, kata Diah, masyarakat yang akan didata adalah penduduk korban bencana alam, penduduk korban bencana sosial, orang terlantar, disabilitas dan narapidana.

"Selama ini kita tahu kelompok rentan adalah yang tidak atau belum memiliki data kependudukan. Jumlahnya banyak di ini penting untuk didata," kata Diah.

Diah menilai butuh sinergitas antar intansi vertikal untuk mendata kelompok rentan. Sebab, selain jumlahnya yang sulit teridentifikasi juga datanya berubah sewaktu-waktu.

"Untuk kelompok seperti korban bencana ini insidentil. Didata ketika terjadi bencana seperti banjir dan kebakaran di mana data adminduknya hilang, sehingga perlu dilakukan pencetakan ulang," ujar Diah.

"Kemudian untuk panti asuhan, panti jompo, panti sosial, rumah sakit jiwa, lembaga pemasyarakatan dan atau tempat penampungan lainnya, jumlahnya dinamis atau berubah-ubah sesuai dengan kondisi di lapangan. Ini nanti yang akan kita catat melalui lembaga yang menaungi agar datanya akurat dan mutakhir," demikian Diah. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS