Dukung UMKM, Baznas Bengkulu Gelar Festival Halal Food Kuliner

Herlina - Minggu, 06 November 2022 23:48 WIB
Penyerahan bantuan dari Baznas untuk UMKM dalam Festival Halal Food Kuliner. (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu menggelar Festival Halal Food Kuliner bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), di Kantor BAZNAS di Jalan Pembangunan Kota Bengkulu, Minggu (6/11).

Kegiatan ini berhasil membius ratusan warga Kota Bengkulu, mereka berbondong-bondong menyerbu puluhan UMKM yang dihadirkan Baznas secara gratis.

Ketua Baznas Provinsi Bengkulu Fazrul Hamidi mengatakan program peduli dhuafa ini masyarakat dibebaskan untuk mencicipi apa saja hidangan kuliner yang tersedia.

"Selain ini bermanfaat bagi kaum duafa, kami juga mencoba mendorong UMKM agar menggeliatkan usahanya. Mereka bisa meraih untung dengan giat-giat seperti ini," kata Fazrul.

Kegiatan ini masuk dalam rangkaaian HUT Provinsi Bengkulu ke 54 Tahun 2022 dan Hari Pahlawan Nasional, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Rohidin Mersyah.

Selain Festival Halal Food Kuliner UMKM binaan Baznas, acara diawali dengan silaturahim muzakki – mustahik, serta dikemas dengan penyerahan bantuan konsumtif dan produktif dhu’afa oleh Gubernur, Kakanwil Kemenag serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir dalam acara tersebut.

Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadiri dalam acara itu menyampaikan apresiasi kepada Baznas yang telah sukses menyelenggarakan program untuk warga Bengkulu tersebut.

"Ini membuktikan kinerja Baznas semakin dipercaya masyarakat, dan gerakan ini telah memberikan kontribusi baik dalam pengelolaan zakat di Provinsi Bengkulu," kata Rohidin.

Ia berharap, Baznas semakin berkontribusi dalam mencapai tujuan yang dikehendaki bersama, yakni kebangkitan zakat untuk pengentasan kemiskinan khususnya di Bengkulu.

Selanjutnya ditambahkan Kepala Kemenag Bengkulu Muhammad Abdu, Kemenag siap bersinergi, berkolaborasi untuk menuju tujuan yang dikehendaki bersama itu.

"Apalagi ini semua tentu upaya kita dalam meningkatan perekonomian masyarakat melalui bantuan ekonomi produktif untuk UMKM di Bengkulu, dan taraf hidup masyarakat yang membutuhkan bisa meningkat,” lanjut Kakanwil.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu yang setiap bulannya menyetorkan zakat ASN ke Baznas.

"Tentu sinergi ini terus kita jalin, harapan kita kedepan UPZ Kanwil bisa membantu memberdayakan zakat baik melalui program di Baznas maupun di program UPZ Kanwil sendiri, antara lain melalui program peduli dhuafa oleh Dharma Wanita Kanwil yang dilaksanakan setiap jumat," demikian Abdu. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS