Flu, Alarm Tubuh Membutuhkan Istirahat dan Asupan Nutrisi Seimbang

Herlina - Rabu, 08 Maret 2023 07:38 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan gejala seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam, dan rasa lelah. Virus flu menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, dan kemudian masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut.

Tubuh bisa sampai flu karena sistem kekebalan tubuh tidak mampu sepenuhnya melawan virus flu. Virus ini dapat menyebar dengan cepat dan menyerang sel-sel dalam sistem pernapasan, menyebabkan peradangan dan gejala flu.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan virus flu antara lain kelelahan, kurang tidur, stres, kurangnya asupan nutrisi yang seimbang, serta keadaan tubuh yang lemah karena sakit atau penyakit lainnya.

Untuk mencegah flu, disarankan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri seperti sering mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang yang sakit flu, dan menjaga daya tahan tubuh dengan asupan nutrisi yang seimbang, olahraga teratur, dan cukup istirahat. Jika terkena flu, disarankan untuk istirahat yang cukup, minum banyak cairan, dan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter jika diperlukan.

Beberapa obat flu alami yang dapat membantu meredakan gejala flu, antara lain:

Jahe
Jahe dapat membantu meredakan peradangan, mengurangi sakit tenggorokan, dan membantu mengatasi gejala flu seperti pilek. Jahe dapat diminum dalam bentuk teh atau direbus bersama dengan air dan madu.

Madu
Madu dapat membantu mengurangi batuk dan meredakan sakit tenggorokan. Madu juga dapat menenangkan sistem pernapasan dan mempercepat proses penyembuhan. Madu dapat diminum dalam bentuk teh atau dicampur dengan air hangat.

Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi. Bawang putih dapat dimakan mentah atau dicampur dengan makanan.

Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Lemon juga dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Lemon dapat diminum dalam bentuk jus atau dicampur dengan air hangat dan madu.

Teh chamomile
Teh chamomile dapat membantu meredakan gejala flu seperti sakit kepala, kelelahan, dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Teh chamomile juga dapat membantu menenangkan sistem saraf dan membantu tidur lebih nyenyak.

Namun, penting untuk diingat bahwa obat flu alami tidak selalu efektif dan tidak dapat menggantikan pengobatan yang diresepkan dokter. Jika gejala flu tidak membaik atau bahkan memburuk, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.(**)

Editor: Herlina
Tags Obat FluBagikan

RELATED NEWS