Tanaman Hijau di Ruangan Bermanfaat untuk Kesehatan

Herlina - Sabtu, 04 Maret 2023 21:46 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Tanaman hijau bukan hanya sekadar hiasan dalam ruangan, tetapi juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Sebuah studi terbaru dari Universitas Sydney menunjukkan bahwa menempatkan tanaman hijau di ruangan dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Menurut studi tersebut, tanaman hijau dapat membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara di dalamnya. Beberapa jenis tanaman hijau, seperti Aloe Vera, Kaktus, dan Pohon Gajah, memiliki kemampuan untuk menyerap gas beracun seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida.

Selain itu, tanaman hijau juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Mereka dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati. Beberapa jenis tanaman hijau, seperti Lavender dan Rosemary, memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi ketegangan.

Tak hanya itu, menempatkan tanaman hijau di ruangan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Sebuah penelitian dari Universitas Exeter menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di ruangan yang didekorasi dengan tanaman hijau memiliki produktivitas yang lebih tinggi dan mengalami peningkatan konsentrasi.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, ahli menyarankan agar menempatkan beberapa tanaman hijau di ruangan, terutama di ruangan yang jarang terkena sinar matahari langsung, seperti ruang kerja atau kamar tidur. Beberapa jenis tanaman hijau yang direkomendasikan untuk ruangan dalam antara lain Monstera, Sansevieria, dan Pothos.

Dengan menambahkan beberapa tanaman hijau di ruangan, bukan hanya dapat meningkatkan keindahan ruangan, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental.(**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS