Hajj Store Hadir di Seluruh Asrama Haji, Mulai Tahun Ini

Herlina - Sabtu, 28 Januari 2023 08:41 WIB
ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- Pulang dari haji, jamaah dari Indonesia tidak perlu repot lagi membawa beragam oleh-oleh dari Makkah. Tahun ini, Kementerian Agama akan menyediakan Hajj Store di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji di Indonesia. Seperti diungkapkan Kepala Subdirektorat Asrama Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Dasrul El Hakim. Ia mengatakan, kehadiran Hajj Store merupakan bagian dari penguatan ekosistem haji dan umrah. Kehadiran Hajj store diharapkan dapat memenuhi kebutuhan terkait perlengkapan ibadah jemaah, oleh-oleh haji dan umrah, hingga oleh-oleh khas daerah.

Hajj store adalah toko atau situs web yang menyediakan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji. Ini termasuk pakaian haji, seperti ihram, sandal haji, dan peralatan lainnya seperti tas haji, botol air, dan alat sholat. Beberapa toko juga menjual buku panduan haji, CD atau DVD panduan haji, dan bahkan paket perjalanan haji. Beberapa Hajj store juga menyediakan layanan seperti penyewaan ihram dan pembelian tiket haji.

Tidak hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji, namun juga untuk jemaah umrah hingga masyarakat umum yang menggunakan asrama haji. Secara operasional, Hajj Store akan berkolaborasi dengan Koperasi Karyawan Asrama Haji (Kokaji) yang sudah ada serta para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ini merupakan harapan Kemenag dalam pengoptimalisasian peran dan nilai manfaat asrama haji bagi umat. Mari kita dukung kemaslahatan dalam aktivitas ekonomi melalui Hajj Store," katanya singkat. (**)

Tags Hajj store Bagikan

RELATED NEWS