Ini 5 Langkah Meal Planning Untuk Seminggu

Herlina - Minggu, 15 Januari 2023 17:10 WIB
ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com - Bingung ingin masak apa biasanya terjadi ketika kita sudah kehabisan ide masakan dan berujung masak itu lagi dan itu lagi. Parahnya bisa saja pilihan malah kita jatuhkan pada makanan instan atau fast food yang tidak sehat.

Anda mungkin perlu mencoba meal plan, meal plan adalah metode perencanaan menu makan dalam jangka waktu tertentu biasanya 3-5 hari baik untuk Anda pribadi maupun keluarga.

Selain mengurangi kebingungan Anda dalam memutuskan makanan apa yang sebaiknya Anda masak, dengan membuat meal plan budget makan Anda juga menjadi lebih terjaga karena semua bahan makanan yang sudah Anda beli memiliki jadwal kapan akan dimasak, sehingga tidak ada lagi sayuran dan bahan makanan yang terbuang sia-sia karena sudah tidak layak diolah.

Berikut adalah 5 langkah melakukan meal planning yang dapat Anda lakukan.

1. Lakukan di akhir pekan
Selain memiliki kelonggaran waktu karena hari libur, menyusun meal plan di akhir pekan juga lebih efektif karena Anda tinggal mengira-ngira dalam satu minggu ke depan ingin masak apa saja. Anda juga memiliki waktu untuk menyiapkan semua bahan-bahan nantinya.

2. Buat rencana menu masakan
Cobalah membuat daftar rencana menu apa saja yang ingin Anda masak dalam satu minggu kedepan. Anda juga dapat berselancar di sosial media untuk mencari inspirasi menu dan resep untuk membuatnya.

3. Buat daftar bahan makanan yang diperlukan
Setelah memutuskan apa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam rencana meal plan, buat lah daftar bahan makanan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat menu tersebut, akan lebih baik jika Anda membuat daftar lengkap 4 sehat 5 sempurna dengan memasukkan bahan makanan pokok, sayur, lauk, buah dan susu.

4. Berbelanja
Daftar bahan makanan sudah ditangan saatnya Anda berbelanja. dengan list yang sudah ada ditangan, kegiatan berbelanja Anda tentu lebih menghemat waktu. Fokuslah untuk belanja bahan-bahan yang sudah ada dalam daftar belanjaan Anda.

5. Menyiapkan bahan makanan
Setelah pulang berbelanja, Anda dapat mulai menyiapkan hasil belanjaan Anda agar siap diolah untuk seminggu ke depan.

Anda dapat menyiapkan beberapa kontainer yang nantinya akan Anda isi dengan bahan-bahan makanan dan Anda masukkan ke dalam kulkas. Terutama untuk sayur karena lebih mudah busuk.

Cucilah bersih sayur yang sudah Anda beli buang bagian-bagian yang tidak perlu seperti tangkai dan akar lalu potong-potong sesuai selera. Setelahnya masukkan ke dalam kontainer-kontariner yang sudah Anda siapkan. Lalu masukkan ke kulkas agar kesegarannya tetap terjaga.

Meal plan Anda sudah siap untuk seminggu ke depan. Berikut tadi adalah artikel mengenai 5 langkah meal plan. Semoga bermanfaat!(ta)

Editor: Herlina
Tags meal planningBagikan

RELATED NEWS