Lakukan 7 Tahap Ini Menuju Bebas Finansial

Herlina - Sabtu, 14 Januari 2023 10:44 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com - Kebebasan Finansial atau kondisi tetap kaya adalah dambaan setiap orang. Kondisi ini akan terjadi jika penghasilan pasif Anda dari investasi sama atau bahkan melebihi biaya hidup bulanan. Tidak peduli besaran gaji, siapapun bisa mencapai kondisi tetap kaya.

Prita Hapsari Ghozie, seorang konsultan keuangan dalam bukunya yang berjudul Make It Happen memaparkan 7 tahapan untuk menuju kebebasan finansial

1. Punya Rencana Keuangan

Rencana keuangan adalah dasar Anda dan keluarga dalam memutuskan setiap pengeluaran, rencana keuangan ini harus rinci, detail, dan disepakati oleh seluruh anggota keluarga.

2. Bebas Utang Konsumtif

Sangat sulit mencapai kondisi kebebasan finansial apabila Anda masih harus berhadapan dengan berbagai utang konsumtif seperti utang kartu kredit, paylater, pinjaman kendaraan, KPR rumah, dan pinjaman lain yang sifatnya tidak produktif.

3. Punya Dana Darurat

Sesuai dengan kondisi keluarga, Anda harus memiliki dana darurat dengan jumlah yang ideal yaitu minimal 3x pengeluaran dalam satu bulan dan kalau bisa 12x pengeluaran dalam satu bulan.

4. Investasi

Sesuai rencana keuangan, Anda harus mulai berinvestasi untuk untuk mewujudkan berbagai mimpi seperti memiliki rumah, membentuk dana pensiun, mempersiapkan dana pendidikan anak, berlibur dengan keluarga dan lain-lain.

5. Membangun Aset Aktif

Setelah investasi utama untuk dana pendidikan dan dana pensiun terlaksana, mulailah sisihkan penghasilan untuk membeli aset produktif.

6. Menerima Penghasilan Pasif

Dari aset aktif yang Anda miliki, Anda akan mulai menerima penghasilan pasif. Selama masa kerja produktif, sebaiknya Anda menginvestasikan kembali penghasilan pasif ke aset investasi. Saat mulai memasui masa pensiun, Anda dapat menikmati penghasilan pasif sebagai sumber biaya hidup.

7. Tetap Kaya

Saat jumlah penghasilan pasif yang rutin diterima sama dengan jumlah biaya hidup bulanan. Anda telah mencapai kebebasan finansial atau tetap kaya. (ta)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS