Mendag Zulkifli Hasan : Kemendag Kembangkan Empat Pilar Dukung Daya Saing UMKM

Herlina - Kamis, 29 Desember 2022 10:18 WIB
Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa peningkatan daya saing UKM/IKM bisa dicapai melalui kerja sama antarpihak. (foto : ist/humas kemendag)

BANDAR LAMPUNG, LyfeBengkulu.com- Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengembangkan empat pilar strategis untuk mendukung daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai penegasan dukungan Kementerian Perdagangan terhadap produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat bersaing hingga ke pasar global. Semua pihak dan pemangku kepentingan diharapkandapat mendukung dan bersinergiagar UMKM memiliki daya saing global melalui konsep empat pilar yang dikembangkan Kementerian Perdagangan.

“Kami di Kementerian Perdagangan mengembangkan empat pilar untuk mendukung peningkatan daya saing UMKM. Keempat pilar tersebut adalah keberadaan UMKM, lokapasar (marketplace), ritel modern, dan perbankan. Upaya ini menjadi salah satu cara Kemendag mendukung pengembangan UMKM,”kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pilar pertama adalah UMKM yang harus terbuka terhadap perubahan, inovatif, dan punya kemauan berkembang. Kemudian, pilar lokapasar menjadi penting karena digitalisasi menjadi tren yang harus diikuti agar UMKM mampu meningkatkan daya saing. Akses digitalisasi UMKM melalui sinergi dengan lokapasar dapat diwujudkan melalui serangkaian pelatihan oleh penyedia layanan lokapasar untuk UMKM. Jika akses ke digitalisasi ini diwujudkan, UMKM dapat menerima berbagai pelatihan seperti pengemasan dan pemasaran.

Sementara itu, pilar ritel modern berperan memberikan akses kemitraan agar jangkauan produk UMKM dapat semakin luas. Pilar ini dapat diwujudkan antara lain melalui ritel-ritel modern yang memasok produk-produk UMKM lokal khas dari suatu daerah. Pilar berikutnya adalah perbankan. Pilar ini berperan memberikan akses pembiayaan bagi UMKM yang antara lain dapat diwujudkan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

"Dengan mengembangkan empat pilar tersebut, diharapkan UMKM di Indonesia akan semakin kuat dan mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional," pungkasnya. (**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS