Menuju PON, Atlet Sambo TC Lebih Awal

Herlina - Jumat, 03 Mei 2024 11:38 WIB
WEJANGAN: Ketua Pengprov Persambi Provinsi Bengkulu, Asman (berdiri) saat memberikan wejangan kepada para atlet dalam acara halal bihalal keluarga besar Pengprov Persambi, Rabu (1/5/24).(foto/tarmandi)

Asman: Dukungan KONI Kami Butuhkan

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Jelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh -Sumut, Pengprov Persatuan Olahraga Sambo Indonesia atau (Persambi) Provinsi Bengkulu, sejak empat bulan terakhir telah melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda).

Ini dilakoni mengingat para atlet difokuskan agar lebih siap menghadapi pesta olahraga multi event-- yang bakal berlangsung bulan September 2024. Ini disampaikan langsung Ketua Umum Pengprov Persambi Provinsi Bengkulu, Asman, saat halal bihalal dengan pengurus dan atlet Sambo di kediamannya, Rabu (1/5/24).

"Sejak akhir tahun 2023, atlet kita lebih awal mempersiapkan diri yakni melakoni training camp (TC) berjalan. Kita paham kalau ajang PON adalah ajang akbar, tentu atlet dituntut lebih siap," papar Asman didampingi Sekum Rado Anum dan pelatih Rico Saputra.

Meski kemampuan finansial seadanya, kata dia, para atlet tetap harus menjalani Pelatda setiap hari. Ini agar mereka nantnya mampu berbicara, dan bisa membawa nama harum Provinsi Bengkulu di pentas nasional-- atau PON XXI yang bergulir September depan.

"Jujur kami ungkapkan, dalam menjalani TC berjalan sejak Januari sampai hari ini (Rabu 1/5/24), semua kebutuhan para atlet, murni ditalangi para pengurus. Belum ada suport dana dari KONI maupun pemerintah. Tentu harapan kami adanya dukungan dan suport agar persiapan atlet lebih matang lagi," jelas Asman.

Ditambahkannya, terkait soal try out sampai saat ini belum dibicarakan. Jika seumpama nantinya ada dukungan dana, terkait try out itu bisa saja diadakan. Syukur-syukur kalau nanti ada suport serta dukungan dari pihak KONI, program try out bisa diprogramkan.

FOTO BARENG: Pengurus Pengprov Persambi dan Pengurus Pengcab Persambi Kota Bengkulu foto bersama dengan atlet Sambo.

"Harapan kita dari Pengprov Persambi, dari para atlet yang sekarang sedang menjalani Pelatda berjalan, pihak KONI bisa datang ke camp latihan. Ini selain memberikan suport dan dukungan ke atlet juga bisa komunikasi langsung dengan atlet," imbuh Asman.

Bagian lain, pelatih Cabor Sambo Bengkulu, Rico Saputra, S.Pd, menyampaikan dua atlet Sambo Bengkulu yang akan bertarung pada PON nanti, yakni Bismi Fornandez kelas 64 kg putra sport sambo serta Alan Septian di kels + di atas 98 kg putra sport sambo.

"Kedua atlet kita ini, sejak akhir tahun 2023, sudah lebih awal menjalani Pelatda. Karena PON Aceh - Sumut, rival yang akan dihadapi semua petarung hebat. Untuk dapat meraih hasil maksimal ya persiapan harus matang. Dan latihan atlet Sambo ini setiap hari. Tak bterkecuali untuk atlet PON," tegasnya.

Hadir pada acara halal bihalal yang digelar Ketua Pengprov Persambi, tampak dihadiri Ketua Pengcab Persambi Kota Bengkulu, Rahmad Nobar, pemerhati Cabor Sambo, Devi Rubianto, pengurus dan seluruh atlet Sambo.(Nd)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS