Usai Kejurda Karate, Akan Bergulir Kejuaraan Olahraga Akbar Lainnya,

Herlina - Jumat, 23 Juni 2023 22:10 WIB
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Ketua KONI Sanuludin, Ketua Pengprov FORKI Muharamin, Kadispora Bengkulu serta panitia foto bersama usai acara pembukaan Kejurda.(Foto : nd)

BENGKLU, LyfeBengkulu.com- Perhelatan event akbar olahraga karate yang dilaksanakan Pengprov FORKI Provinsi Bengkulu mendapat sambutan luarbiasa dari semua perguruan karate yang ada di Provinsi Bengkulu.

Terpotret saat pembukaan Kejurda Karate Championship dan Festival Piala Gubernur Bengkulu pertama di GOR Pemuda Sawah Lebar pada Jum,at siang (23/6/2O23), peserta yang ikut ambil bagian, jumlahnya 1.670 karateka.

Kejurda yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu, H Rohidin Mersyah itu, akan dipentas selama tiga hari, mulai tanggal 23-25 Juni 2023. Pada Kejurda ini, dari panitia selain menyiapkan piala juga uang pembinaan kepada para juara.

Dalam acara pembukaan Gubernur Rohidin Mersyah, mengungkapkan Kejurda Karate merupakan event bergengsi. "Ini sangat bergengsi, kejuaraan tingkat provinsi yang memperebutkan Piala Gubernur," katanya.

Sebagai bentuk dukungan kepada para atlet dan calon atlet, kata dia, dalam waktu dekat akan dibentang event lainnya. Seperti cabor yang berpotensi mencetak prestasi baik nasional maupun internasional.

"Dalam waktu dekat kita juga akan bentang event Piala bergilir. Yakni Taekwondo, Renang serta cabor-cabor lainnya yang miliki potensi meraih prestasi nasional maupun internasional,” tambah Rohidin.

Sementara Ketua Pengprov FORKI Provinsi Bengkulu, Ir. Muharamin, mengatakan Kejurda Karate tahun 2023 diikuti 1.670 karateka terbaik dari kabupaten/ kota se Provinsi Bengkulu.

"Gelaran Kejurda ada dua kategori, Open dan Festival. Kalau Open itu kelas pertandingan. Festival yakni anak-anak. Antusias dari peserta luar biasa, tapi kita batasi. Kalau tidak, peserta membludak,” jelas Muharamin.

Kemudian, mengingat atlet Karate Bengkulu sudah masuk dalam level nasional dan turut disegani, hendaknya dapat terus diberikan dukungan, untuk dapat mengharumkan nama Provinsi Bengkulu.

Karateka Bengkulu, katanya, telah masuk level nasional. Hendaknya terus diberi dukungan, untuk dapat mengangkat Provinsi Bengkulu di ajang nasional. "Atlet kita menjadi perhitungan di level nasional. Jadi harus terus mendapat dukungan,” tegas Muharamin.

Terpisah, Ketua Panitia Yulia Riza Sabri, SE, menjelaskan Kejurda ini mempertandingkan tujuh katagori. Yakni Pra Usia Dini, Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet, Junior, dan Senior.
"Panitia siapkan uang pembinaan. Untuk festival uang pembinaannya total Rp 4,5 juta. Sedangkan untuk Open Turnament uang pembinaan total Rp 10,5 juta. "Ada lagi untuk The of The Best Kadet Junior dan Senior, uang pembinaan total Rp 6 juta," kata Riza.(Nd)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS