Aturan Feng Shui Bedroom Supaya Tidur Anda Berkualitas

Herlina - Senin, 16 Januari 2023 18:38 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Feng Shui adalah praktik Tiongkok kuno yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan keharmonisan dalam ruang hidup. Di kamar tidur, prinsip Feng Shui tradisional menyarankan untuk memposisikan tempat tidur sedemikian rupa sehingga memungkinkan pandangan yang jelas ke pintu dan menghindari tempat tidur tepat di bawah jendela. Juga dianjurkan untuk menghilangkan segala kekacauan dan menciptakan suasana yang menenangkan di dalam ruangan.

Feng shui dalam bahasa Mandarin terdiri atas dua kata yaitu feng yang artinya angin dan shui yang artinya air. Feng shui dalam praktiknya memang memanfaatkan energi (chi) tidak terlihat dari alam. Angin dan air dalam budaya China dikaitkan dengan kesehatan yang dan keberuntungan.

Menurut National Geographic, feng shui adalah seni masyarat China kuno yang digunakan dalam menata bangunan, benda dan ruang untuk mencapai keselarasan dengan cara yang akan membawa kedamaian juga kemakmuran.

Feng shui dapat juga digunakan untuk menata bagian dalam rumah salah satunya adalah kamar tidur.

Berikut adalah aturan menata kamar tidur berdasarkan feng shui:

1. Gunakan warna bernuansa bumi

Warna-warna natural bernuansa bumi seperti putih, cream, peach, cream, hingga kuning coklat diyakini lebih cocok digunakan sebagai warna di dalam kamar tidur karena akan memberikan rasa tenang dan membuat tidur Anda berkualitas. Hindari warna-warna mencolok yang tidak Anda temukan di alam seperti merah, oranye, biru hingga navy. Warna ini dipercaya mampu menyapu berkat dan membuat Anda semakin lelah berada di dalamnya.

2. Jangan posisikan tempat tidur di bawah jendela

Posisi tempat tidur di bawah jendela tidak memiliki perlindungan simbolis dari dinding yang kokoh, posisi ini juga membelakangi matahari dan menciptakan rasa cemas dan tidak aman ketika berada di dalam ruangan.

3. Hindari meletakkan benda di atas kepala tempat tidur

Jika Anda ingin menambah dekor seperti lukisan, foto, buku ataupun benda-benda lain, hindari meletakannya di atas kepala tempat tidur. Hal ini sangat beresiko misalnya benda tersebut akan jatuh ke kepala Anda ketika Anda sedang tidur. Dalam feng shui, penempatan seperti ini juga mengganggu aliran baik sehingga berdampak pada kualitas tidur Anda.

4. Hindari meletakkan cermin menghadap ke tempat tidur

Cermin yang menghadap ke tempat tidur, akan membuat pantulan saat Anda sedang tidur. Hal ini memberikan enegi negatif dan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Selain itu, cermin menghadap ke tempat tidur juga dianggap sebagai undangan bagi orang ketiga untuk ikut campur dalam hubungan Anda dengan pasangan.

5. Hindari meletakkan tanaman di kamar tidur

Menurut fengshui, tanaman menciptakan aliran energi aktif dan akan mengedarkannya ke atas menuju langit-langit sehingga dapat mengganggu tidur Anda. Namun jika Anda ingin tetap meletakkan tanaman sebagai dekorasi Anda dapat meletakkannya di ruangan lain untuk menyeimbangkan energi.

Nah, berikut tadi adalah 5 aturan feng shui di kamar tidur yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat! (ta)

Editor: Herlina

RELATED NEWS