Lima Aplikasi Pencari Kerja Terbaik yang Ada di Google Play Store

Herlina - Minggu, 15 Januari 2023 19:19 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Saat ini, pencari kerja sudah dipermudah dalam melamar pekerjaan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi pencari kerja pekerjaan, Anda sudah tidak perlu mengirimkan berkas lamaran ke kantor atau melalui email lagi.

Anda hanya perlu sekali melakukan pengaturan akun yang Anda buat di aplikasi-aplikasi pencari pekerjaan sebagai langkah pertama untuk dilakukan. Pengaturan ini biasanya meliputi daftar riwayat hidup, foto pelamar, identitas diri, hingga upload berkas KTP, KK, NPWP dan lain-lain dalam bentuk pdf maupun jpg.

Setelah proses ini selesai, langkah selanjutnya untuk melamar pekerjaan jauh lebih mudah. Anda hanya perlu mengklik satu kali pada menu lamar di setiap iklan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu kabar dari HRD untuk pengumuman apakah Anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Beberapa aplikasi bahkan akan memberikan pemberitahuan kepada Anda terkait status lamaran Anda mulai dari HRD telah menerima lamaran Anda, membaca lamaran Anda, hingga lolos tidaknya Anda ke tahap selanjutnya.

Nah berikut adalah 5 Aplikasi Pencari Pekerjaan terbaik yang dapat Anda download di google playstore

1. Jobstreet

Menjadi aplikasi pencari kerja yang paling banyak digunakan di Indonesia, perusahaan asal Malaysia ini menyediakan informasi pekerjaan di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Hongkong dan Filipina.
Telah diunduh lebih dari 10 juta kali di google playstore, Jobstreet memiliki lebih dari 13,2 juta kandidat, dengan lebih dari 300 ribu perusahaan yang tergabung sebagai penyedia lowongan pekerjaan.

2. LinkedIn

LinkedIn memiliki lebih dari 750 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi dibawah naungan Microsoft ini tidak hanya memiliki fitur lowongan kerja saja, namun Anda juga dapat berinteraksi dengan pengguna lain dengan memberikan like, komen, dan share di postingan mereka layaknya aplikasi sosial media. LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk Anda melakukan personal branding dan 'menjual' diri Anda beserta keahlian profesional Anda.

3. Glints

Hadir sejak tahun 2016, aplikasi pencari kerja dari Singapura ini telah diunduh lebih dari 500 ribu di google playstore. Tidak hanya untuk melamar kerja Anda juga dapat mengembangkan keahlian Anda dengan memanfaatkan fitur expert class di aplikasi Glints.

4. Lumina

Lumina telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali di google playstore. Masih terhitung baru Lumina adalah aplikasi produk anak bangsa yang didirikan pada bulan September 2021. Lumina menjadi platform komunitas kerja pertama asal Indonesia yang memberikan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja kerah biru. Lumina juga rutin membuat online job fair di platform mereka. Misi Lumina adalah membantu 80 hingga 120 juta pekerja kerah biru di Indonesia untuk mengakses peluang kerja yang lebih baik.

5. KitaLulus

KitaLulus adalah sebuah start up yang didirikan sejak Oktober 2021 yang berbasis di Jakarta. Hingga kini aplikasi KitaLulus telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta pengguna. Setiap bulannya, aplikasi ini berhasil menyalurkan lamaran lebih dari 3 juta lamaran.

Berikut tadi adalah 5 aplikasi pencari kerja terbaik yang dapat kamu undur di google playstore. (ta)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS