Bagaimana Cara Memulai Bisnis Ramah Lingkungan?

Herlina - Minggu, 27 November 2022 16:43 WIB
ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Bisnis ramah lingkungan, belakangan mulai populer di Indonesia. Konsep bisnis yang mengutamakan keberlanjutan. Serta mengurangi dampak buruk bagi lingkungan.

Umumnya, bisnis ramah lingkungan menyatukan konsep peningkatkan kualitas lingkungan dan pertumbuhan ekonomi. Jika kamu ingin mencoba bisnis ramah lingkungan, berikut tips yang harus kamu perhatikan!

1. Kurangi Penggunaan Kertas
Memulai bisnis dengan mengurangi penggunaan kertas bisa jadi langkah awal untuk memulai bisnis hijau. Adapun pengurangan kertas bisa dilakukan dengan cara mengurangi kertas untuk dokumen bisnis dan beralih pada administrasi digital.

Selain lebih ramah lingkungan, mengurangi penggunaan kertas bisa menghemat biaya dan perlengkapan kantor sehingga menekan biaya produksi.

2. Melakukan Pekerjaan Secara Remote
Berkembangnya teknologi memungkinkan Anda untuk membuka bisnis dengan bekerja dari jarak jauh atau remote. Kerja jarak jauh ini juga dapat menjadi bisnis yang eco friendly atau ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi yang disebabkan oleh perjalanan ke kantor.

Selain itu, remote working juga memungkinkan bisnis Anda untuk menghemat energi yang digunakan di kantor dan mendorong keberlangsungan lingkungan hidup.

3. Bentuk Karyawan Ramah Lingkungan
Anda juga bisa memulai bisnis hijau dengan membentuk karyawan yang ramah lingkungan. Tim ramah lingkungan yang Anda bentuk termasuk dalam memilih mitra bisnis Anda.

Upayakan untuk memilih mitra bisnis yang memiliki visi yang sama dengan Anda mengenai bisnis hijau atau bisnis eco friendly.

4. Hemat Energi
Menerapkan prinsip hemat energi dalam bisnis Anda. Hal sederhana yang bisa diterapkan misalnya mengurangi penggunaan AC di ruangan atau di kantor.

Anda bisa menyiasatinya dengan membuat ruang kerja yang ramah lingkungan seperti memiliki jendela dan sirkulasi udara yang baik sehingga tidak perlu menggunakan AC.

5. Melakukan Daur Ulang
Salah satu cara memulai bisnis hijau yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan skema daur ulang. Jika Anda membuka bisnis perlengkapan stationary, Anda bisa membuat produk perlengkapan yang ramah lingkungan atau terbuat dari bahan daur ulang.

Anda juga bisa mengumpulkan sampah-sampah organik dan membuat produk pupuk yang bisa diperjualbelikan

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS