Bulan Ramadan, IKK BERBAGI Bantu 500 Paket Sembako

Herlina - Selasa, 11 April 2023 06:53 WIB
RAPAT: Pengurus Ikatan Keluarga Kedurang (IKK) menggelar rapat terkait IKK BERBAGI pada moment bulan suci Ramadan tahun ini.(foto/istimewa)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Pada moment bulan suci Ramadan 1444 H / 2023 M, perkumpulan keluarga Kedurang di Kota Bengkulu atau dikenal dengan Ikatan Keluarga Kedurang (IKK), tahun ini kembali melaksanakan program IKK BERBAGI.

Program ini wujud peduli sesama dengan cara mengumpulkan dan menyalurkan bantuan sembako dari donatur/infaq kepada kaum dhuafa, anak yatim/piatu, lansia miskin, janda miskin yang warga keturunan Kedurang di wilayah Kota Bengkulu dan sekitar serta kaum dhuafa lainnya.

Ketua IKK, Desven Amril, S.Sos, M.Si, mengatakan donasi kegiatan ini menghimpun dari donatur/sedekah/infaq/sumbangan dari Jurai keturunan Kedurang yang bersedia dan sempat menyisihkan rezekinya dalam kegiatan IKK BERBAGI.

"Kegiatan ini tidak hanya internal Jurai Kedurang yang menjadi donatur. Tapi ada juga masyarakat umum yang bersedia menjadi donatur. Alhamdulillah sampai hari ini sudah terkonfirmasi lebih dari 300 paket dari target 500 paket," kata Desven, Senin (10/04/2023).

"Perkumpulan keluarga Kedurang Kota Bengkulu sudah resmi sebagai lembaga perkumpulan masyarakat dan sudah dikukuhkan Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2019," jelas Desven.

Ketua IKK, Desven Amril, S.Sos, M.Si. (foto : dok/ist)

Lebih lanjut Desven memaparkan, IKK merupakan sebuah lembaga perkumpulan masyarakat dengan motto non-partai politik yang semata melaksanakan gerakan sosial.

Selain itu juga sebagai wadah komunikasi antar anak keturunan Jurai Kedurang di perantauan. Atau yang lebih dikenal Ikatan Keluarga Kedurang di Kota Bengkulu. IKK juga terbentuk di beberapa provinsi/ kota di wilayah Indonesia.

"Kami atas nama panitia dan pengurus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam program IKK BERBAGI. Kita doakan semoga amal ibadah kita diterima dan mendapat keberkahan serta imbalan pahala, rezeki, kesehatan dan kekuatan iman dari Allah SWT. Aamiin," imbuh Desven.

Sementara Sekretaris Umum IKK, Simbuldin, S.Pd, mengungkapkan IKK BERBAGI ini sudah jadi program kita. IKK BERBAGI ini masuk tahun kedua. Pada tahun pertama sekitar 250 paket sembako dibagi. Untuk tahun ini, kepengurusan IKK priode 2023-2026 menyalurkan 500 paket sembako.

Hadirnya IKK, kata Simbuldin, murni organisasi kemasyarakatan dengan berlandaskan sosial. Salah satunya, IKK berbagi ini. Tak hanya itu, kalau ada keluarga IKK yang berduka, kita turun mengisi taqzia. "Seperti biasa, kita mengisi malam kedua," ujarnya.

Untuk kegiatan IKK berbagi, lanjut Simbuldin, dari donasi masyarakat Kedurang. Tidak hanya bagi warga Kedurang di Bengkulu saja. Tetapi warga Kedurang yang ada di rantau yakni seperti Jakarta, Palembang, Lampung serta di propinsi lainnya juga memberikan donasi.

"Cukup banyak warga kita dirantau yang mapan. Mereka ini ikut donasi untuk warga Kedurang yang kurang mampu. Dari donasi itu kita kemas dengan IKK berbagi dalam bentuk sembako," ujar Simbuldin.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS