Bulutangkis Bengkulu Target Lolos PON 2024

Herlina - Rabu, 16 Agustus 2023 12:25 WIB
Pengurus PBSI Provinsi Bengkulu saat foto bersama atlet yang akan tampil di Babak Prakualifikasi PON yang siap digeber di Babel, pekan ini.(foto: tarmandi)

Suharto: Terjunkan 11 atlet

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Pebulutangkis Bengkulu akan mengawali perjuangan ekstra sebelum menapak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut. Mereka lebih dahulu berjuang di Babak Prakualifikasi PON yang akan berlangsung, 18-23 Agustus di Babel pekan ini.

Dalam ajang perebutan tiket PON itu, Bengkulu menerjunkan 11 atlet (6 putra, 5 putri) didampingi empat ofisial. Mereka dipatok target bisa lolos PON. Target ini tidak muluk- muluk, bisa tembus juara tiga saja, pebulutangkis Bengkulu lolos PON.

Dikatakan Ketua Pengprov PBSI Provinsi Bengkulu, H. Suharto, SE, MBA, pada PON Papua, Bengkulu masih mampu loloskan atletnya. Waktu itu nama atletnya bernama Aliyah. Jadi monentum tersebut, para pengurus PBSI berharap PON XXI/2024 di Aceh - Sumut, sejarah itu terwujud lagi. Supaya Bengkulu tak dianggap anak tiri di sumatera.

Pada babak Prakualifikasi PON ini Bengkulu kirim 11 atlet terbaiknya, yakni 6 putra dan 5 putri. Bengkulu mengirim 11 wakil pada ajang Pra PON, papar dia, tentu ada hitung-hitungnya.

"Itu berkaitan dengan kompetitor. siapa lawan kita, kekuatan lawan kita, kans kita, termasuk dengan pembiayaan. Karena lawan yang bakal dihadapi nanti, seperti DKI Jakarta, Lampung, Sumsel, Babel sebagai tuan rumah," ujar Suharto.

Sekedar diketahui, kata dia, untuk wilayah sumatera, Pra PON dibagi dua wilayah. Adalah wilayah I dan wilayah II. "Kita (Bengkulu- Red.), bertengger di wilayah II bersama DKI, Lampung, Sumsel dan Babel," ungkap politisi Partai Gerindra ini.

Ditambahkan Wakil Ketua Harian, Edi Sujatmiko, dalam laga Babak Pra Kualifikasi PON ini pengurus PBSI Bengkulu mengusung target bisa lolos PON. Terutama bagian putra, bisa tembus juara tiga saja, bisa lolos.

Ketua Harian Pengprov PBSI Bengkulu Edi Sujatmiko saat menyerahkan perlengkapan pertandingan berupa baju training dan uang saku kepada atlet.(foto: tarmandi)

"Untuk di bagian putri, target tidak muluk-muluk, bisa bermain bagus dan mampu kalahkan satu provinsi sudah bagus dan tidak masuk jadi juru kunci. Jadi diharapkan semua pemain fokus dalam pertandingan dan bisa meraih hasil maksimal," tegasnya.

Lebih lanjut diungkapkan, kemaren pengurus mencoba mempasilitasi program try out bagi atlet selama kurang lebih setengah tahun pada sejumlah daerah di Sumatera dan Pulau Jawa. Trakhir di try out-nya di Provinsi Banten.

Dari hasil try out itu para pengurus terutama di Bidang Binpres, sudah mengetahui posisi petanya, berada dimana kita. "Tetapi peluang atlet kita terutama bagian putra terbuka lebar mendulang tiket PON. Kami minta semua wakil kita untuk main ngotot, dan bisa lolos PON," papar Edi Sujatmiko.

Ketua Kontingan Bulutangkis Pra PON Bengkulu, Kussujianto Utomo saat ditemui, mengungkapkan tim berangkat hari ini (Rabu, 16/08/23). "Kita berangkat ke Jakarta dahulu dan langsung menuju Babel," jelas Anto, sapaan akrabnya.

Yang berangkat dari Bengkulu kata dia, selain ikut dua ofisial dan dua pelatih, ada 11 atlet. Sedangkan 4 atlet lainnya menunggu di Jakarta, karena keempat pebulutangkis itu latihannya di Jakarta. "Berangkat sama-sama menuju Babel," papar Anto.

Tim Bulutangkis Bengkulu dilepas Ketua Pengprov PBSI Bengkulu, H. Suharto, SE, MBA, diwakili Ketua Harian Edi Sujatmiko di Sekretariat Pengprov PBSI, Selasa (15/08/23). Dalam waktu bersamaan, seluruh atlet dan ofisial mendapat fasilitas perlengkapan pertandingan serta uang saku.(nd)

Editor: Herlina

RELATED NEWS