Inilah 10 Ciri Anda Telah Dewasa Secara Finansial

Redaksi Daerah - Senin, 02 September 2024 16:20 WIB
10 Ciri-ciri Anda Sudah Dewasa Secara Finansial (Freepik/benzoix)

JAKARTA – Dewasa secara finansial atau keuangan berarti mampu mengelola uang dengan baik untuk mencapai stabilitas dan keamanan ekonomi, serta memiliki kontrol yang lebih baik atas kehidupan pribadi.

Mungkin beberapa orang yang memasuki usia dewasa masih belum sepenuhnya dewasa secara finansial. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pemahaman pentingnya perencanaan keuangan jangka panjang.

Jika seseorang tidak mampu mengatur keuangan dengan baik, akan sangat sulit untuk mencapai kemandirian. Oleh karena itu, memiliki kedewasaan dalam mengelola keuangan sangatlah penting.

Lantas, apakah Anda termasuk salah satu yang dewasa secara finansial? Yuk, simak artikel berikut!

Tanda Jika Anda Sudah Dewasa Secara Finansial

Berikut tanda dewasa secara finansial, antara lain:

1. Punya Tujuan Jangka Panjang

Setiap orang memiliki impian yang ingin dicapai di masa depan, bukan? Misalnya, menikah dengan orang yang dicintai menggunakan hasil tabungan sendiri, memiliki rumah idaman, atau memberangkatkan kedua orang tua untuk berhaji.

Mungkin ada banyak mimpi dan cita-cita indah yang ingin direalisasikan. Memiliki impian itu sendiri adalah hal yang positif dan bisa memotivasi diri untuk mewujudkannya.

Menetapkan tujuan jangka panjang akan mendorong untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai impian-impian. Hal ini bisa dimulai dengan langkah-langkah kecil, dan seiring waktu, semua harapan akan terwujud satu per satu. Kuncinya adalah tetap fokus dan yakin, maka segala sesuatu akan mendukung Anda.

2. Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Orang yang sudah dewasa secara finansial memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Mereka tidak hanya memenuhi keinginan semata, tetapi juga menyadari apa yang benar-benar mereka perlukan. Jika sesuatu benar-benar dibutuhkan, mereka akan membelinya. Namun, jika hanya keinginan, mereka akan mempertimbangkan dengan lebih matang sebelum memutuskan untuk membeli.

3. Merencanakan Masa Depan

Orang yang dewasa secara finansial menjalani hidup dengan penuh pertimbangan dan memiliki tujuan yang jelas, termasuk dalam aspek keuangan. Mereka menyusun rencana keuangan dengan hati-hati, seperti menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana pensiun dan dana darurat. Selain itu, mereka mengatur alokasi dana secara bijaksana, tidak hanya untuk kebutuhan saat ini tetapi juga untuk kebutuhan di masa depan.

4. Bebas Utang

Ketika seseorang menghadapi kesulitan keuangan, salah satu solusi yang sering dipilih adalah utang, baik kepada teman, keluarga, lembaga keuangan, atau platform digital yang menawarkan pinjaman. Jika sering terlambat membayar utang pada bank atau pinjaman online, ini berisiko menghadapi bunga tambahan yang lebih tinggi.

Meskipun meminjam uang dari kerabat atau keluarga mungkin tampak seperti solusi, hal ini sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan malu, dan bisa merusak hubungan jika tidak mampu membayar tepat waktu.

Salah satu indikator kematangan finansial adalah mampu hidup tanpa bergantung pada utang atau pinjaman online. Lebih baik fokus pada menabung dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting daripada terjebak dalam utang.

5. Tidak Asal Ambil Utang

Orang yang dewasa secara finansial tidak sembarangan dalam mengambil utang. Mereka akan mempertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk utang, memahami bagaimana utang bisa menjadi beban di masa depan.

Sebelum mengambil utang, mereka bijaksana dalam menilai apakah utang tersebut sesuai dengan kemampuan mereka dan apakah cicilannya tidak akan memberatkan. Selain itu, mereka memanfaatkan utang untuk keperluan produktif bahkan secara cerdas menggunakan aset yang dimiliki sebagai jaminan jika membutuhkan tambahan dana.

6. Mengerti Batasan Finansial

Orang yang dewasa secara finansial menyadari adanya batasan dalam hal keuangan yang harus diketahui. Mereka belajar dengan tekun tentang investasi, manajemen keuangan, dan aspek lain yang dapat memperluas pengetahuan mereka. Mereka memahami ada batasan finansial yang harus dipatuhi untuk menghindari pemborosan.

7. Nongkrong dan Belanja Berlebihan Sudah Tak Menarik Lagi

Jika Anda memilih untuk fokus mengumpulkan uang untuk masa depan, itu menandakan bahwa Anda sudah dewasa secara finansial. Menghabiskan waktu di kafe mewah, berbelanja di e-commerce, atau jalan-jalan ke tempat trendi bukan lagi menjadi prioritas utama bagi Anda.

Menyiapkan kebutuhan untuk masa depan adalah tanda kematangan finansial. Sementara orang lain baru mulai mengelola keuangan mereka, Anda sudah berada jauh di depan dan hanya menunggu untuk menikmati masa pensiun.

8. Mengerti Konsekuensi

Orang yang dewasa secara finansial memahami kondisi keuangan saat ini merupakan akibat dari keputusan yang diambil di masa lalu. Mereka sadar, hasil dari tindakan sebelumnya terlihat sekarang, dan tindakan yang dilakukan saat ini akan mempengaruhi masa depan. Oleh karena itu, mereka aktif menabung, berinvestasi, dan membuat perencanaan keuangan yang matang.

9. Mengelola Kejadian Tak Terduga dengan Tenang

Orang yang dewasa secara finansial mampu menghadapi dan mengelola situasi tak terduga dengan tenang dan terencana. Mereka telah menyiapkan dana darurat yang cukup dan memiliki rencana cadangan untuk situasi yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendesak.

Ketika menghadapi masalah keuangan, mereka tetap tenang dan mencari solusi yang logis. Kemampuan ini tidak hanya menjaga stabilitas keuangan mereka, tetapi juga memberikan rasa tenang saat menghadapi tantangan yang tidak terduga.

10. Siap Dana Darurat

Anda sudah dewasa secara finansial jika selalu mempersiapkan dana darurat. Tidak perlu menunggu sampai memiliki pekerjaan tetap atau mendapatkan promosi, Anda sebaiknya sudah memiliki dana darurat sejak usia muda.

Nah, demikian tanda-tanda jika Anda sudah dewasa secara finansial. Apakah Anda salah satunya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 31 Aug 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 02 Sep 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS