Menikmati Liburan Anak Bersama Buah Hati

Herlina - Jumat, 30 September 2022 12:47 WIB
ilustrasi

WAH, libur waktu akhir pekan hampir tiba, menjadi moment yang tepat bagi orang tua untuk quality time bersama anak-anak. Mengisinya dengan aktivitas yang menyenangkan, berkesan, dan pastinya memiliki manfaat untuk tumbuh kembang dan kreativitas anak. Berikut tips memanfaatkan libur bersama anak.

Buat agenda liburan dengan aktivitas ‘bermain sambil belajar”

Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Membuat agenda atau to-do-list bersama dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Selain itu, orang tua juga dapat menjelaskan hal apa yang dapat didapat atau dibangun dari aktivitas ini kepada anak.

Aktivitas seni dapat mendorong kemampuan sensorik dan motorik anak

Jangan sampai si kecil hanya menghabiskan waktu liburannya untuk bermain gadget atau hanya bermalas-malasan saja. Orang tua dapat memberikan aktivitas yang melibatkan seni di dalamnya. Aktivitas ini sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki ketertarikan atau bakat dalam bidang seni.

Ciptakan suasana hati si kecil agar tetap bergembira

Tidak dapat dipungkiri bahwa suasana hati serta mood anak terkadang memang sulit untuk ditebak. Maka agar si kecil tetap dalam keadaan yang bersemangat dan gembira perlu dilakukan komunikasi dengan tenang dengan jelas aktivitas seru apa saja yang akan dilakukan hari ini kepada mereka.

Sebelum memulai aktivitas, dapat diawali dengan storytelling. Hal ini dapat menciptakan imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka menjadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan di mulai. Selain storytelling juga, mendengarkan cerita anak dengan pertanyaan “bagaimana hari ini?” juga dapat menjadi pembuka yang tepat dan baik.

Jika anak sudah mulai menunjukkan tidak fokus, orang tua dapat menyisipkan aktivitas bernyanyi bersama atau senam kecil demi menambah keceriaan.

Apresiasi segala proses dan hasil anak. Walaupun nanti hasil dari anak tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua, tetap berikan apresiasi dengan kalimat afirmasi dan dapat juga memberikan hadiah seperti makanan kesukaannya.

Silakan dicoba ya! (**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS