Menteri PPPA, Bintang Puspayoga Tekankan Peran Perempuan dalam Pemanfaatan Energi Bersih

Herlina - Selasa, 06 Desember 2022 04:11 WIB
ilustrasi freepik.com

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga optimis peran perempuan dalam konversi dan pemanfaatan energi bersih ke depan akan cerah. Salah satunya melalui pemanfaatan kendaraan listrik. Ini disampaikan Bintang Puspayoga dalam acara Electric Vehicle (EV) Funday yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Motor listrik ini bisa sangat aman dan nyaman, cocok untuk laki-laki maupun perempuan, karena dibawanya sangat ringan. Sosialisasi tentang konversi atau pengalihan energi BBM ke energi listrik ini perlu lebih dimassifkan kepada perempuan. Solusi yang sangat baik digunakan semua kalangan dan lingkungan kita ke depan,” kata Bintang, seperti yang dikutip Lyfe Bengkulu, Senin (05/12).

Bintang Puspayoga, mendorong agar perempuan tidak hanya berperan dalam rantai pasokan akhir pemanfaatan energi listrik sebagai konsumen saja, namun juga berkontribusi lebih.

“Perempuan tidah boleh hanya menjadi objek tetapi sebagai subyek. Sama halnya dengan pemanfaatan atau konversi listrik ini, kita perempuan tidak boleh hanya menjadi konsumen saja tapi terlibat misalnya dalam produksi, teknis, ataupun kebijakan,” jelasnya.

Selain itu, stigma negatif yang kerap dilabelkan kepada perempuan dalam dunia otomotif maupun STEM (Science, Technology, Engineering and Math) juga harus dihapuskan.

“Kalau berkaitan tentang mesin ada stigma perempuan pasti tidak bisa (terlibat), padahal ada banyak perempuan-perempuan insinyur mesin. Mudah-mudahan stigma seperti ini kita mulai hilangkan,” pungkasnya. (**)

Editor: Herlina

RELATED NEWS