MPASI Bergizi Bantu Anak Cegah Stunting

Herlina - Selasa, 29 November 2022 06:45 WIB
Risiko stunting adalah ketika usia baru lahir sampai dengan dua tahun. Apabila bayi belum genap dua tahun, maka bayi tersebut masih bisa mengejar keterlambatannya dengan memberikan MPASI. (foto : ilustrasi freepik.com)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- Pemberian MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu bergizi kepada bayi sejak berusia enam bulan menjadi salah satu upaya mencegah bayi tumbuh stunting atau gagal tumbuh dan berkembang. Makanan seimbang sangat dibutuhkan untuk bayi dalam pemberian MPASI. Seperti disampaikan Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Irma Ardiana, MAPS. yang dikutip Selasa (29/11).

Karena lepas dari ASI eksklusif sekitar usia lima bulan maka sudah harus disiapkan MPASI yang tepatnya seperti apa,” kata Irma.

Ia juga mengatakan, agar perkembangan bayi tumbuh pesat sesuai dengan harapan maka salah satunya bisa di pastikan adalah pemenuhan gizi melalui MPASI setelah ASI Eksklusif. Para orangtua pun sebaiknya harus mempelajari bagaimana memberikan MPASI, mengolah makanannya, dan bagaimana keberagaman itu bisa diberikan dengan pangan-pangan lokal yang sudah ada.

Senada dengan Irma, Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Kurniasih Mufidayanti, M.Si mengatakan MPASI menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

"Karena periode ini menjadi periode yang penting untuk pembentukan organ metabolik, perkembangan kognitif, pertumbuhan fisik, kematangan sistem imun, ini semua penting terjadi di 1000 HPK", katanya.

Kurniasih menjelaskan, MPASI merupakan satu hal yang sangat penting untuk dipahami bahwa ASI dan MPASI menjadi variabel yang sangat berpengaruh terhadap penanganan stunting.

“Jadi MPASI ini pendamping bukan menghilangkan ASI, dan ASI nya tetap diberikan ketika memang produksi ASI nya masih ada itu sangat bagus, sekurang-kurangnya enam bulan ASI ini bisa diberikan, dan MPASI ini menjadi pelengkap untuk melengkapi ASI sampai dua tahun,” ucapnya.

Sementara itu Ahli Gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum menambahkan, syarat MPASI yaitu bayi memasuki usia pas enam bulan. MPASI harus berisikan komposisi yang pas, memiliki tekstur MPASI yang pas, secara bertahap memberi makan harus 125ml perkali makan, rutin memberikan MPASI secara pas sehari 3 kali dan menjaga kebersihan diri bayi dan sekitar.

Stunting itu berbicara tentang panjang badan menurut umur jadi kalo anaknya satu tahun dua bulan panjang badannya cuman 70 sentimeter maka anak ini berada di minus tiga yang dikatakan sebagai risiko stunting,” kata Tan. (**)

Editor: Herlina
Tags MPASIBKKBNBagikan

RELATED NEWS