Optimis Sektor Perdagangan Indonesia Tumbuh Positif Tahun 2023

Herlina - Rabu, 04 Januari 2023 13:46 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menggelar konferensi pers catatan awal tahun 2023 Kementerian Perdagangan yang berlangsung secara hibrida. (foto : ist/lyfebengkulu)

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan optimis sektor perdagangan Indonesia akan tumbuh positif di tahun baru 2023. Meski penuh tantangan dan dinamika ekonomi global, capaian sektor perdagangan sepanjang tahun 2022 telah memberikan optimisme untuk menyambut tahun 2023.

Mendag menyatakan, kemendag memiliki beberapa strategi kebijakan dalam menghadapi dinamika perekonomian dan perdagangan global yang penuh ketidakpastian. Strategi tersebut antara lain yaitu dukungan peningkatan nilai tambah produk yang diperdagangkan melalui hilirisasi industri dan transisi perdagangan hijau.

"Termasuk ekspansi dan penetrasi ke pasar ekspor nontradisional seperti Afrika, Asia Selatan, dan Timur Tengah, serta peningkatan akses pasar internasional melalui perjanjian perdagangan, pameran, maupun misi dagang," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag menambahkan, penguatan pasar dalam negeri juga akan terus dilakukan dengan menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok, peningkatan dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui digitalisasi dan pemanfaatan instrumen trade remedies, serta pengendalian impor secara selektif. (**)

Editor: Herlina
Bagikan

RELATED NEWS