Pariwisata Membaik, Rumah Bung Karno dan Benteng Malborough Mulai Ramai Dikunjungi

Herlina - Selasa, 04 Oktober 2022 14:21 WIB
Kondisi membaik, jumlah kunjungan ke dua objek wisata sejarah andalah yang ada di Kota Bengkulu yakni Destinasi Rumah Bung Karno dan Benteng Malborough. (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Keberadaan pariwisata di Bengkulu mulai membaik pasca meredanya pandemi COVID-19 di daerah. Hal itu dapat dilihat dari jumlah kunjungan ke dua objek wisata sejarah andalah yang ada di Kota Bengkulu yakni Destinasi Rumah Bung Karno dan Benteng Malborough.

Setiap hari untuk dua objek wisata sejarah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, namun kondisi itu terhenti setelah adanya pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah imbas tingginya penyebaran COVID-19 di Bengkulu.

Awal tahun 2022, kelonggaran pembatasan sosial dilakukan seiring membaiknya pandemi ini. Bahkan dalam beberapa waktu kedepan, Presiden RI Joko Widodo bakal mengumumkan bahwa pandemi COVID-19 akan segera menjadi endemi.

Melihat dua frekuensi kunjungan di objek wisata seperti Rumah Soekarno dan Benteng Malborough, memperkuat bahwasanya keberadaan pariwisata di Bengkulu mulai membaik.

Untuk kunjungan wisatawan ke Benteng Marlborough sudah mencapai 21.824 orang per September 2022. Angka itu meningkat jauh atau melebihi kunjungan pada tahun 2021 yang tercatat sebanyak 13.544 orang.

Sementara untuk objek wisata Rumah Pengasingan Bung Karno per September 2022 tercatat mencapai 7.303 orang hampir mendekati kunjungan tahun 2021 yang mencapai 7.591 orang.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi melalui UPTD Pengembangan dan Pengendali Pariwisata Disparprov Bengkulu Intan Herwinanti Sunu mengatakan, bahwa keindahan dan potensi pariwisata Bengkulu di sini mampu memikat hati para wisatawan untuk terus kembali berkunjung sehingga ini yang harus dimaksimalkan.

"Tidak bisa di pungkiri jika di banding tahun 2021 jumlah kunjungan kita meningkat ditahun ini, artinya roda perekonomian kita berangsur pulih dan mudah-mudahan segera pulih seperti biasanya, memang dua objek wisata sejarah yang berada di Pusat Kota sangat mudah diakses oleh wissatawan menajadi daya tarik tersendiri," jelasnya.

Sudah seharusnya pariwisata menjadi perhatian kita semua, tidak saja dalam menyediakan fasilitas objek wisata yang mumpuni, namun juga dapat memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap para wisatawan dalam menikmati destinasi wisata yang ada di setiap daerah termasuk diprovinsi Bengkulu.

"Dengan kehadiran wisata yang aman, nyaman, ramah dapat membantu tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan dan mempromosikan pariwisata daerah," tutupnya. (mb)

Editor: Herlina

RELATED NEWS