Pemkab Bengkulu Tengah Bangkitkan UMKM Melalui Festival Durian

Herlina - Minggu, 18 September 2022 06:40 WIB
Untuk mewadahi pelaku UMKM Pemkab Bengkulu Tengah menggelar Festival Durian. Beragam pangan olahan durian ditampilkan dalam festival tersebut. (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) bersama lembaga vertikal memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka membangkitkan ekonomi dengan menggelar Festival Durian dan baar produk usaha kecil, di halaman Kantor Bupati Benteng, Sabtu (17/09).

"Dengan hadirnya Festival Durian ini kami mengajak agar pelaku UMKM bergairah membangkitkan ekonomi berbasis kearifan lokal. Terlebih kita tahu ada banyak sekali olahan makanan yang dapat dibuat berbahankan durian yang saat ini sedang dalam musimnya," kata Bupati Benteng, Heryandi Roni saat membuka Festival Durian #1.

Ia menambahkan Festival Durian sebagai event yang mewadahi pelaku UMKM untuk kembali unjuk gigi kembali di hadapan masyarakat dengan berbagai olahan serba durian. Alhasil, dengan adanya gelaran ini para pelaku UMKM mampu melahirkan puluhan menu serba durian seperti tempuyak, serabi kuah, mango durian, pancake durian, dan ikan nila kuah.

Lalu brownies durian, surabi durian, ketan durian, sop durian, bubur durian, bolu durian, puding durian, tart durian, pie durian, martabak durian, jus durian, durian strudel, miskshake durian, es durian hingga pizza durian.

Heryandi pun mengajak para UMKM berinovasi dalam mengelola durian menjadi bahan baku panganan lain mengingat musim panen durian di daerah dalam setahun dua kali dapat memenuhi pangsa pasar.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga memberikan arahan kepada para pelaku UMKM, terkait cara pengemasan yang menarik dan pemasaran produk UMKM, untuk meningkatkan harga jual dan minat masyarakat.

“Nanti juga akan ada pelatihan kepada pelaku UMKM yang ada di Bengkulu Tengah agar produk UMKM dari daerah sini, bisa dikenal oleh masyarakat luas dan bisa tembus ke pasar global,” ujarnya.

"Kami juga berencana akan menggelar kegiatan Festival UMKM menjadi kegiatan rutin tahunan sehingga durian Benteng akan dikenal oleh masyarakat luar daerah. Tentunya dengan konsep pariwisata kuliner sehingga khalayak luar mengingat bahwa festival durian terbesar di Indonesia nantinya ada di Bengkulu Tengah," imbuhnya.

Dalam Festival Durian #1 itu, Pemkab menyediakan 1.000 buah durian gratis dengan hasil olahan menu durian mencapai 32 menu. Masyarakat antusias mencicipi durian yang rerata adalah hasil bibit dari durian montong. Durian yang disediakan gratis pun ludes hingga tak sedikit masyarakat membeli durian yang dijual petani lokal. (mb)

Editor: Herlina
Tags Festival DurianUMKMBagikan

RELATED NEWS